Sukses

Beauty

5 Fakta Menulis Baik Bagi Kesehatan Anda

Menulis mungkin terasa biasa bagi Anda. Namun sebenarnya menulis adalah hal yang mampu menyembuhkan keresahan dan merawat jiwa Anda. Itulah sebenarnya mengapa orang dulu sering sekali menulis buku harian.

Ada beberapa fakta yang menakjubkan tentang kehebatan menulis bagi kesehatan seseorang. Tak hanya bagi kesehatan jiwa,namun juga kesehatan fisik kita. Berikut ini adalah beberapa ulasannya.

Manusia Butuh Menuangkan Idenya

Dalam sebuah tulisan, meski hanya sebuah rencana, seseorang bisa menuangkan idenya. Hal ini bisa membantu kita mengeluarkan aspirasi atau keinginan kita dan membuat seseorang jadi rendah potensi stresnya, bahkan makin kreatif.

Mengungkapkan Perasaan Secara Tertulis

Mereka yang memiliki ruang dan waktu untuk menulis, disebutkan psikolog asal Texas, James Pennebaker, bahwa hal ini bisa membantu mereka menuangkan perasaan dan pikiran sehingga tak memendamnya dalam hati. Karena bila terlalu lama ditahan, hal ini bisa menjadi beban bagi tubuh seseorang.

Membantu Menjaga Imunitas

Menulis sebagai sarana melepaskan dan mengekspresikan sesuatu bisa membantu kta menjaga imunitas. Karena dilansir dari Elizabeth street, mereka yang bertahan pada situasi yang menyakitkan dan tidak memiliki kesempatan untuk melampiaskan dengan tepat, bisa melemahkan imunitasnya sendiri.

Menulis Seperti Terapi

Dengan menulis, seseorang sebenarnya melakukan terapi, Namun dengan syarat, tulisan itu memberi imbal balik yang berkualitas bagi hidupnya. Apabila yang dituliskan hanya hal-hal yang bersifat rutinitas dan tak menyangkutpautkan kondisi mental dan psikisnya, maka tulisan itu tak akan terlalu menyembuhkan.

Melatih Kesabaran

Dalam beberapa jenis tulisan, kegiatan menulis bisa membuat kita melatih kesabaran dan menghargai estetika. Misalnya mereka yang belajar kaligrafi baik itu China, Arab dan sebagainya. Melatih kesabaran baik untuk jantung, otak dan tekanan darah seseorang.

Setidaknya, tulislah sesuatu tentang hidup Anda baik itu di buku harian maupun selembar kertas. Menulis bisa membantu Anda mendetoks jiwa dan membangun atmosfer yang lebih menyehatkan bagi psikis dan fisik.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading