Sukses

Beauty

Sabun Antibakteri Justru Bisa Membuat Anda Gampang Sakit

Selama ini kita berpikir bahwa sabun antibakteri adalah bahan yang bagus untuk membunuh kuman di tangan atau tubuh, sehingga kita lebih sehat dan tidak mudah sakit. Nyatanya, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa penggunaan sabun antibakteri ternyata bisa mengumpulkan infeksi bakteri di hidung.

Dilansir oleh newsmaxhealth.com, sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal American Society for Microbiology menunjukkan  bahwa triclosan--senyawa kimia yang digunakan dalam produk antibakteri ditemukan dalam hidung 41 persen orang dewasa. Adanya triclosan tersebut membuat berkembangnya bakteri Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan infeksi.

"Bahan ini ada di dalam sabun tangan, pasta gigi, obat kumur dan sebagainya, padahal tidak ada bukti bahwa penggunaan antibakteri lebih baik dibandingkan sabun biasa," ujar Blaise Boles, ketua penelitian. "Bakteri S. aureus yang terkumpul dalam hidung dapat meningkatkan risiko infeksi pada beberapa orang," lanjutnya.

Penelitian ini dilakukan karena para ilmuwan meninjau keamanan triclosan yang banyak dalam berbagai produk, misalnya saja sabun pencuci tangan, sabun mandi, pasta gigi, sabun pakaian bahkan dalam beberapa peralatan medis. Tentunya diperlukan penelitian yang lebih mendalam apakah triclosan memang memberi manfaat atau justru membuat tubuh mudah terkena infeksi.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading