Sukses

Beauty

Menguak Serba-Serbi Penyakit Maag Yang Mengganggu Aktivitas Anda

Maag. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit tersebut. Ya, karena banyak sekali dari Anda yang mengalaminya. Walaupun terkesan sepele, namun penyakit ini dapat membuat Anda menderita dan bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi, penyakit ini juga dapat berkembang menjadi kanker lambung jika Anda tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Dilansir dari MeetDoctor.com, sakit radang maag merupakan penyakit yang terjadi saat lambung mengalami perubahan fungsi maupun peradangan dan umumnya disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor infeksi dan non infeksi. Faktor infeksi umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan protozoa. Kuman Helicobacter Pylori merupakan kuman yang sering kali menjadi penyebab maag. Sedangkan faktor non infeksi disebabkan oleh hadirnya zat asing yang masuk dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang dapat menyebabkan peradangan lambung.

Di samping itu, 70 persen penderita maag adalah penderita maag fungsional dan sisanya adalah penderita maag organik. Penderita maag fungsional biasanya hanya mengalami fungsi lambung sedangkan penyebabnya dikarenakan pola hidup yang tidak teratur, stres, kecemasan berlebih hingga pola makan yang buruk. Sementara maag organik disebabkan oleh kuman dan zat asing yang masuk ke dalam lambung yang menimbulkan kelainan atau keganasan .

  • Nah Ladies, sebelum Anda merasakan perihnya menderita maag, tidak ada salahnya lho Anda melakukan upaya pencegahan. Berikut merupakan hal-hal yang bisa Anda lakukan guna mencegah penyakit maag.
  • Memilih makanan sehat dan bergizi.
  • Menghindari stres.
  • Tidak mengonsumsi alkohol, kopi dan teh yang terlalu pekat.
  • Tidak merokok.
  • Mengonsumsi air putih serta makanan berserat.
  • Melakukan olahraga rutin.
  • Menghindari makanan pedas/asam/coklat.
  • Mengatur pola makan 4-5 kali sehari, dalam porsi sedikit namun dengan kandungan kalori yang cukup dalam sehari.

Mudah kan Ladies? Dengan melakukan tips di atas, Anda akan terhindar dari penyakit maag yang bisa mengganggu aktivitas Anda.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading