Sukses

Beauty

Benarkah Mood Kita Sangat Dipengaruhi oleh Cuaca? Temukan Jawabannya di Sini!

Pernahkah Anda merasa bahwa mood atau suasana hati Anda berubah dalam sekejap hanya karena ada perubahan cuaca? Yang tadinya terasa bete eh langsung merasa bahagia karena hari tiba-tiba cerah dengan matahari yang bersinar terang. Cuaca, pada kenyataannya, merupakan metafora terbesar dalam emosi manusia. Dilansir dari buzzle.com, cuaca memberikan dampak yang besar dalam kehidupan kita karena sebagian besar rencana kita bergantung pada cuaca. Ternyata cuaca memang benar-benar mempengaruhi tingkat psikologis diri kita, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cuaca Cerah
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh E. Howarth dan M. S. Hoffman, cuaca cerah bisa memunculkan perasaan bahagia dan membuat tubuh terasa bugar. Suhu udara yang meningkat bisa meningkatkan semangat manusia. Selain itu, cuaca yang cerah bisa mengurangi rasa cemas. Efek positif dari sinar matahari ternyata disebabkan oleh adanya neurokimia yang bernama serotonin. Serotonin inilah yang mengontrol emosi yang berhubungan dengan daya ingat, depresi, dan tidur. Serotonin bisa meningkat saat cuaca cerah dan hal inilah yang memberikan dampak positif untuk pikiran kita.

Cuaca Lembap
Cuaca yang lembap memiliki dampak emosi manusia seperti rasa kasih sayang dan semangat. Tubuh kita bisa terasa lemas dan berat untuk melakukan sesuatu. Saat cuaca sedang terasa lembap, maka Anda akan sangat mudah kehilangan konsentrasi dan membuat Anda mudah mengantuk.

Cuaca Dingin
Ketika cuaca sedang dingin saat suhu turun drastis dan hanya ada sedikit cahaya matahari, makan level serotonin akan turun. Saat serotonin Anda menurun, maka Anda akan merasa galau. Bahkan produksi serotonin di musim dingin hanya setengah dari produksi serotonin di musim panas.

Cuaca Hujan
Pada dasarnya, orang bisa memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap hujan. Beberapa orang bisa merasa nyaman saat hujan turun tapi ada juga yang langsung merasa depresi oleh hujan. Hanya saja hujan yang terus menerus turun selama beberapa hari memang bisa terasa menyebalkan.

Satu hal lagi, pernahkah Anda merasa tiba-tiba mengantuk dan malas melakukan apapun saat langit sangat gelap atau saat Anda berada di ruangan dengan penerangan yang sangat minim? Ketiadaan cahaya bisa meningkatkan produksi melatonin dan melatonin inilah yang bisa membuat Anda mudah tidur.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading