Sukses

Beauty

Tips Agar Tidak Homesick Saat Awal Kuliah Atau Kerja di Luar Kota

Yang namanya hidup, kadang tidak bisa direncanakan seperti apa yang Anda mau. Bisa jadi, Anda ingin tinggal dekat terus dengan orang tua, namun kuliah atau pekerjaan di luar kota kadang tidak bisa dihindari. Mau tidak mau, Anda harus tinggal sendirian jauh dari orang tua, dari teman-teman yang selalu membuat gembira, bahkan mungkin jauh dari pacar tercinta.

Kadang hal ini membuat wanita cemas, khawatir dan tidak bahagia di awal masa tinggal seorang diri di luar kota. Suasana jelas berbeda, tidak ada masakan ibu tercinta, tidak bisa sering kumpul sahabat. Duh.. kangen banget ingin, lama-lama bisa stres. Tenang saja, Anda bisa mengatasi rasa kangen rumah dengan cara ini:

    Bawa Barang Yang Mengingatkan Pada Keluarga

    Untuk mengatasi rasa kangen, bawalah beberapa barang yang akan mengingatkan Anda pada rumah, misalnya foto keluarga, mug hadiah dari adik atau benda-benda lain yang bisa membuat Anda merasa dekat dengan keluarga walaupun saling berjauhan. Jika benda-benda itu tidak ada, bukankah hati Anda dan keluarga tidak akan terpaut jarak? Jadi tenang saja.

    Komunikasi Rutin

    Di awal masa kuliah atau bekerja di kota lain, selalu lakukan komunikasi dengan keluarga, juga teman-teman Anda. Di masa ini, Anda mungkin belum dapat teman, sehingga kehadiran mereka bisa mengisi kekosongan yang ada. Namun jika Anda sudah punya teman, tetap lakukan komunikasi dengan keluarga dan sahabat.

    Cari Teman Baru

    Walau teman lama rasanya selalu nyaman di hati, segera cari teman baru yang cocok dengan Anda. Carilah pelan-pelan, jangan tergesa-gesa, karena biasanya, teman yang nyaman tidak selalu mudah untuk ditemukan. Perluas pergaulan Anda, baik dengan teman di kampus atau teman-teman di kantor.

    Gaya Hidup Sehat

    Anda jauh dari pengawasan orang tua, namun bukan berarti Anda bisa hidup seenaknya. Tetap jaga kondisi tubuh Anda dengan makanan sehat. Walau praktis, sebisa mungkin hindari mengonsumsi mie instant. Akan lebih baik jika Anda mulai belajar memasak yang praktis. Selain lebih hemat, memasak sendiri jauh lebih sehat.

    Anda Tidak Benar-Benar Jauh


    Awalnya memang terasa berat, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa mandiri. Ingatlah bahwa Anda tidak pernah benar-benar jauh dari orang yang Anda sayangi, dari orang tua, adik kakak, sahabat dan sebagainya. Selama masih ada komunikasi dan doa yang diberikan untuk Anda, Anda tidak pernah jauh dari mereka.

Semoga tips ini bisa membuat Anda betah di kota baru.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading