Sukses

Beauty

Ups, Suka Cuci Tangan Berlebihan? Ini Tandanya OCD

Jika Anda tidak rajin menjaga kebersihan, maka hal ini bisa mengundang berbagai macam jenis penyakit hinggap dan menyerang Anda, namun bagaimana jika Anda terlalu menjaga kebersihan? Misalnya terlalu sering memakai hand-sanitizer dan mencuci tangan berkali-kali bahkan menghindari berjabat tangan dengan seseorang.

Anda harus berhati-hati Ladies, mungkin saja Anda menunjukkan gejala OCD atau obsesive-compulsive disorder. Berdasarkan www.health.com, Anda mungkin mengalami OCD bila menunjukkan gejala-gejala berikut ini,

1. Mencuci tangan

Ini merupakan salah satu gejala paling umum. Jika Anda terlalu sering menggunakan hand-sanitizer atau mencuci tangan secara berlebihan, bahkan Anda merasa kotor saat tidak sedang memegang hal yang kotor, maka ini gejala OCD. Hal ini sebenarnya didasari oleh ketakutan tercemar bakteri atau kuman. Namun ketakutan ini menjadi tidak rasional dan berlebihan sehingga seringkali menjengkelkan.

2. Bersih-bersih

Penderita OCD memiliki kecenderungan membersihkan apa pun yang ada di sekitarnya, apalagi barang-barang di rumahnya. Kebiasaan membersihkan ini akan semakin parah jika hingga disebut germaphobia. Anda akan selalu membersihkan barang dan menyingkirkannya dari orang lain untuk menenangkan diri.

3. Kebiasaan mengecek dan menghitung barang

Anda juga lebih sering mengecek barang yang Anda miliki, apakah sama persis ketika Anda meninggalkannya atau tidak. Kebiasaan ini mempengaruhi hampir 30% orang dengan OCD. Anda juga lebih sering dan mengecek dan menghitung ulang apa yang Anda miliki.

4. Teliti soal organisasi barang

Orang dengan OCD memiliki kebiasaan mengatur barang yang sangat baik. Mereka akan menaruh barang pada tempatnya, presisi dan persis pada awalnya. Sedikit saja posisinya berubah, pasti akan membuatnya terganggu.

Jadi, jika Anda merasa mengalami 3 atau 4 di antaranya, dan bahkan sudah mulai mengganggu kehidupan pribadi dan sosial Anda, maka sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading