Sukses

Beauty

5 Langkah Mengatur Ulang 'Jam Internal' untuk Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Ladies, pernahkah Anda merasa lemas dan kurang berenergi sepanjang hari karena tidak mendapatkan tidur yang cukup? Atau Anda sering mengalami gangguan tidur yang berakibat membuat diri Anda tak bersemangat? Dilansir dari livestrong.com, ada 50 hingga 70 juta orang dewasa yang mengalami gangguan tidur dan terjaga dari tidur. Jika Anda juga mengalami gangguan tidur, Anda bisa coba solusi yang satu ini: mengatur ulang jam internal Anda.

    Buat Jadwal Tidur

    Menjaga jadwal berangkat tidur dan bangun tidur setiap hari (termasuk di akhir pekan) bisa membantu Anda untuk mengatur jam biologis Anda. Anda bisa melakukannya secara bertahap. Selalu aturlah jam Anda untuk tidur dan bangun 15 menit lebih awal dari hari sebelumnya, lakukan terus hingga Anda mencapai jam yang Anda inginkan.

    Cari Kegiatan yang Memperkaya Jiwa Anda

    Menjadi sukarelawan atau membantu orang lain bisa meningkatkan fokus eksternal sekaligus mendekatkan diri kita pada orang lain. Kegiatan seperti ini bisa membantu Anda untuk menemukan makna dan arti hidup Anda kembali. Dengan begitu, Anda pun bisa membuat pikiran Anda lebih tenang di malam hari.

    Pilih Makanan yang Sesuai

    Makanan yang mengandung melatonin dan triptofan bisa membantu tubuh Anda untuk tidur dengan lelap di malam hari. Beberapa jenis makanan yang bisa membuat Anda tidur nyenyak antara lain pisang, ikan salmon, kale, ubi manis, kacang almond, telur, susu hangat, dan sereal.

    Buat Rutinitas Sebelum Tidur

    Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menenangkan sebelum tidur. Anda bisa coba mengatur kamar tidur Anda menjadi lebih gelap dan tenang. Atau Anda bisa juga mematikan semua gadget Anda sebelum tidur. Kegiatan yoga dan meditasi pun bisa menjadi 'ritual' sebelum tidur.

    Lakukan Teknik Pernapasan

    Anda bisa melakukan teknik pernapasan 4-7-8. Duduklah dengan posisi tegak dan lidah yang menekan bagian belakang gigi atas. Tarik napas hingga hitungan keempat, tahan hingga hitungan ketujuh, lalu hembuskan pada hitungan kedelapan. Ulangi tiga kali.

Daripada menghabiskan uang dan biaya untuk membeli obat tidur, akan lebih baik untuk memilih cara yang lebih alami dan menyehatkan. Dengan melakukan lima langkah di atas, jam internal tubuh Anda bisa diatur kembali dan Anda pun bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.



(vem/nda)
What's On Fimela
Loading