Sukses

Beauty

4 Trik Ngemil Sehat untuk Tubuh yang Lebih Bugar

Ingin bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal dari rutinitas olahraga Anda? Jika iya, maka Anda juga perlu tahu cara ngemil yang lebih sehat. Konsumsi makanan sehat dan olahraga yang teratur akan jadi kombinasi yang tepat untuk mendapatkan hidup yang seimbang. Dilansir dari womanitely.com, tahu cara ngemil yang sehat dan benar bisa sangat membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan, apalagi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Berikut ini ada empat trik yang bisa Anda ikuti untuk bisa ngemil dengan cara yang lebih sehat.

1. Segenggam Kacang Sehari
Kacang adalah jenis camilan yang kaya akan asam lemak omega 3 serta kaya serat dan protein. Bahkan kacang juga baik untuk otak dan jantung. Bagi Anda yang ingin menurunkan kolesterol dan meningkatkan energi tubuh, mengonsumsi segenggam kacang per hari juga bisa dijadikan pilihan. Jenis kacang yang bisa dipilih antara lain almond, kacang tanah, dan kenari. Anda bisa mengonsumsi kacang sebelum olahraga agar bisa bersemangat melakukan olahraga. Hanya saja jangan mengonsumsi kacang lebih dari satu genggam karena semua kacang kaya akan lemak.

2. Sayuran Hijau
Wortel, seledri, tomat, timun, dan brokoli bisa Anda jadikan camilan sebelum olahraga. Mengonsumsi sayuran sebelum olahraga akan membuat Anda merasa kenyang saat olahraga. Anda bisa mengkombinasikan sayuran dengan hummus buatan Anda sendiri sebagai menu camilan Anda. 

Apabila Anda kesulitan untuk mendapatkan buah atau sayuran segar setiap saat, Anda bisa coba alternatif camilan buah dan sayuran beku. Camilan ini juga ideal dikonsumsi sebelum olahraga karena bisa menstabilkan kadar gula sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

3. Latihan Mengatur Porsi Makan
Sebenarnya seberapa banyak sih camilan yang disarankan untuk dikonsumsi? Secara umum, porsi camilan yang cukup itu adalah seperempat dari porsi makanan utama kita. Dan kita bisa ngemil setiap 2-3 jam sekali supaya tidak cepat lapar dan membuat sistem metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. Mulailah untuk memperhatikan porsi makanan atau camilan kita agar bisa lebih terkontrol lagi asupan makanan dan minuman kita.

4. Buat Jadwal Waktu Ngemil
Buat jadwal khusus untuk ngemil. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk menyiapkan camilan dengan baik. Misalnya, Anda bisa membeli beberapa buah segar dan sayuran yang akan Anda jadikan camilan keesokan harinya. Kemudian potong-potong dan simpan di dalam kulkas. Jadi keesokan harinya Anda sudah tahu camilan apa yang akan Anda konsumsi.

Agar bisa mendapatkan dan mempertahankan cara ngemil yang sehat, kita hanya perlu melakukan sedikit perubahan. Salah satu cara lagi agar kita bisa lebih mudah mengontrol kebiasaan ngemil adalah sebaiknya tidak menyimpan stok camilan keripik atau kue-kue lain yang mengandung banyak lemak atau kalori. Apabila Anda bisa menjaga konsumsi camilan yang sehat, Anda pun akan lebih mudah untuk kembali bugar setelah  lelah berolahraga.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading