Sukses

Beauty

Bibir Wanita Ini Melepuh Karena Bahan Berbahaya Dalam Lipgloss, Waspadalah!

Hati-hati memilih pelembab bibir atau lipgloss. Meskipun harganya mahal, bisa saja memicu reaksi alergi pada bibir Anda.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, seorang wanita bernama Lynda Robert (62) Asal Salford, Inggris mengalami reaksi alergi karena menggunakan lipgloss. Bibir Lynda melepuh, luka dan retak-retak.

Karena malu dengan kondisi yang di alaminya, Lynda melewatkan acara ulang tahun pernikahannya yang ke 40. Dari hasil tes, Lynda mengalami reaksi alergi karena bahan yang terkandung dalam Dior Addict lipgloss yang dipakainya.
Reaksi alergi yang terjadi pada bibir Lynda setelah memakai lipgloss | foto: copyright dailymail.co.uk
Dokter mengatakan jika pada bibir Lynda terkena infeksi oleh virus, sehingga bibirnya melepuh, keluar nanah dan retak.

Lynda, yang bekerja sebagai perawat di sebuah klinik operasi, tidak pernah menduga jika produk lip gloss Dior Addict yang telah dipakainya bertahun-tahun membuatnya alergi.

Akhirnya, Lynda berhenti mengggunakan lip gloss tersebut. Hasilnya, reaksi alergi pada bibirnya pun hilang.

Ternyata, kandungan lip gloss pada produk yang lama dan yang baru, seperti yang dipakai Lynda, berbeda.

Pada produk yang baru, perusahaan kosmetik asal Prancis ini menambahkan pengawet yang disebut propil gallate.

Pengawet inilah yang menyebabkan bibir Lynda mengalami reaksi alergi. Propil gallate, adalah pengawet yang digunakan dalam berbagai kosmetik dan produk perawatan kecantikan, termasuk lipstik, sabun mandi, pembersih kulit, pelembab, make up, dan krim sunblock.
Lynda memegang lipgloss Dior Addict yang mengandung pengawet penyebab alergi pada bibirnya | foto: copyright dailymail.co.uk
Zat pengawet ini juga digunakan dalam makanan, seperti produk daging, popcorn, permen karet, mayones dan makanan beku.

Propil gallate bersifat antioksidan, yang membantu menghentikan molekul oksigen dari bercampur dengan minyak, sehingga makanan tidak mudah tengik.

Tak lama kemudian, akhirnya perusahaan kosmetik Dior, mengirim surat permintaan maaf kepada Lynda. Perusahaan tersebut berjanji akan melakukan penelitian dan analisa pada produknya yang bermasalah.
Surat permintaan maaf dari perusahaan kosmetik kepada Lynda | foto: copyright mirror.co.uk
Kejadian seperti yang di alami oleh Lynda, juga menimpa seorang wanita bernama Karen Mooney (52), yang mengalami luka merah dan melepuh pada wajahnya setelah memakai krim bermerk Clarins.

Dari hal tes, mengungkapkan bahwa Karen mengalami alergi terhadap zat methylisothiazolinone (MI), yang merupakan bahan pengawet dalam krim tersebut.
Karen Mooney, wajahnya melepuh dan luka-luka setelah memakai krim dari Clarins | foto: copyright dailymail.co.uk
Maka dari itu Ladies, jika mengalami alergi pada produk yang sudah Anda pakai selama bertahun-tahun, segera hentikan pemakaian. Jangan lupa segera hubungi dokter kulit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang benar.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading