Sukses

Beauty

Celak Mata, Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu kekhawatiran wanita saat ini adalah kosmetik dengan harga yang mahal, namun belum tentu efeknya bagi kulit.

Seperti dilansir dari afghanzariza.com, celak memiliki banyak manfaat positif bagi mata kita. Celak yang asli, berasal dari batu itsmid yang bersal dari Persia. Batu itsmid yang terbaik cirinya memiliki butiran halus yang berkilauan, dan bersih tanpa kotoran.

Celak mata ini dipercaya memiliki fungsi untuk memperkuat penglihatan, menjernihkan, mengeluarkan kotoran mata, mencegah infeksi mata, pendingin mata, dan melentikkan bulu mata.

Celak mata yang berasal dari batu itsmid | foto: copyright etsy.com

Dapat juga digunakan untuk mengobati sakit kepala jika dicampur dengan madu murni. Untuk mencegah luka bakar, bisa dicampur dengan minyak alami, kemudian dioleskan pada kulit. Maskara yang terbaik berasal dari itsmid.

Ada juga celak yang berasal dari hazelnut, almond atau minyak biji lainnya yang dibakar.

Celak juga digunakan oleh Cleopatra, karena ia percaya akan khasiat dan manfaat estetika dari bahan ini. Sejak 3.500 tahun yang lalu, gadis-gadis Mesir menggunakan celak untuk mempercantik mata dan alis mereka.

Wanita Timur Tengah menggunakan celak dari batu itsmid untuk menjaga kesehatan matanya | foto: copyright yementimes.com

Dalam hadist rasul yang di riwayatkan oleh At-Tirmidzi oleh Ibnu Abbas.RA: “ Rasulullah menorehkan celak tiga kali di mata kanannya. Di mulai dari kanan dan di akhiri di bagian kanan, sementara di mata kirinya, hanya dua kali.”

Namun, ada juga celak berbentuk eyeliner,  cream dan mirip lipstik. Jenis celak inilah yang berbahaya, karena sudah diberi campuran lead (tembaga). Pilihlah celak asli yang berbentuk serbuk dalam botol, yang berasal dari batu itsmid. Biasanya banyak dijual di toko oleh-oleh haji.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading