Sukses

Beauty

Jalan Kaki 2 Menit Sejam Sekali, Kunci Panjang Umur?

Kerja duduk seharian di depan komputer memang kurang baik untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi kalau makin jarang olahraga dan pola makan tak terjaga, wah berbagai penyakit berbahaya bakal mengintai kita. Tapi bukan berarti tak ada solusi untuk masalah tersebut.

University of Utah School of Medicine, dikutip dari womansday.com, menemukan bahwa aktivitas berintensitas rendah seperti jalan kaki ternyata bisa memberi harapan panjang umur untuk Anda yang menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk saja. Menurut Dr. Srinivasan Beddhu, jalan kaki dua menit setiap satu jam bisa meningkatkan peluang panjang umur seseorang hingga 33 persen.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Beddhu melihat data dari National Health and Nutrition Examination Survey. Mereka menganalisis 3.243 pasien yang menggunakan akselerometer untuk mengukur aktivitas fisik sepanjang haru. Pengumpulan data dilakukan selama tiga tahun dan selama itu ada 137 orang dalam data tersebut yang meninggal.

"Penelitian kami membuktikan bahwa perubahan-perubahan kecil saja bisa memberi dampak yang besar," kata Dr. Tom Greene, salah satu penulis senior dalam penelitian tersebut.

Dengan kata lain, Anda hanya perlu tetap memastikan tubuh bergerak cukup aktif secara berkala. Jadi tidak hanya duduk diam saja di satu tempat seharian penuh. Minimal setiap satu jam sekali, bangkitlah dari tempat duduk lalu jalan kakilah selama dua menit. Dengan cara ini, seperti yang dikatakan Dr. Beddhu dan Dr. Greene, kita bisa memiliki kesempatan untuk panjang umur.

So, Ladies, bagi Anda yang sehari-hari bekerja dengan duduk di meja kerja atau kurang olahraga, Anda bisa mulai coba tips sederhana ini: jalan kaki dua menit setiap satu jam. Akan lebih baik juga jika Anda mengimbanginya dengan olahraga teratur dan menjaga pola hidup sehat.

 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading