Sukses

Beauty

Waspada Ladies, Inilah 4 Makanan Yang Menyebabkan Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu masalah perut yang tak bisa diremehkan begitu saja. Perut kembung ini sendiri biasanya terjadi karena adanya tekanan udara yang berlebih dalam perut. Penyebab dari perut kembung sebenarnya ada bermacam-macam. Mulai dari kebiasaan buruk merokok, minum menggunakan sedotan, terlalu banyak makan sayur yang kaya akan kandungan gas di dalamnya, makan terlalu cepat dan masih banyak lagi.

Dilansir dari laman prevention.com, perut kembung sendiri disebabkan oleh beberapa makanan. Sedikitnya ada 4 makanan yang dipercaya bisa membuat perut menjadi kembung dan tidak nyaman. Dan makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

    Yogurt

    Siapa sangka yogurt bisa membuat perut kembung. Tapi jangan salah Ladies, sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika yogurt adalah penyebab dari perut kembung. Dr. Ling Chang, MD, seorang profesor kedokteran di UCLA David Feffen School og Madicine mengatakan jika yogurt adalah penyebab dari perut kembung. Hal ini mengingat karena yogurt salah satu produk olahan susu. Sedangkan susu sendiri mengandung laktosa yang cukup tinggi di mana laktosa ini menciptakan gelembung gas di perut dan membuat perut kembung.

    Sayur Kubis, Brokoli dan Bunga Kol

    Sayur kubis, brokoli dan bunga kol merupakan sayuran yang kaya akan karbohidrat bernama raffinosa. Raffinosa inilah yang dipercaya akan menciptakan gelembung gas di perut dan membuat perut menjadi kembung. Untuk bisa membuat ketiga sayuran ini tak menyebabkan perut kembung, disarankan untuk memasaknya sampai matang sebelum dikonsumsi. Kita juga bisa memanggangnya agar raffinosa yang terkandung di dalamnya bisa berkurang.

    Bawang

    Dr. Chang mengatakan jika bawang merupakan makanan selanjutnya yang bisa membuat perut menjadi kembung. Fruktan dan karbohidrat yang terkandung di dalam bawang dipercaya bisa menyebabkan masalah perut dan pencernaan. So, jika kamu tak ingin mengalami masalah perut, usahakan tidak mengonsumsi bawang berlebih ya Ladies.

    Buah Semangka

    Buah semangka adalah salah satu buah yang manis dan digemari oleh hampir semua orang. Semangka yang mengandung fruktosa tinggi, dipercaya bisa menyebabkan perut kembung. Tak hanya perut kembung, fruktosa pada buah semangka bahkan bisa menyebabkan permasalahan pada pencernaan hingga menyebabkan diare.


Ladies, itulah beberapa makanan yang bisa menyebabkan perut kembung. Selain makanan yang ada di atas, makanan lain yang juga dipercaya bisa menyebabkan perut kembung antara lain adalah kacang-kacangan, biji-bijian dan pemanis buatan. So, gimana nih, agar perut kamu tidak kembung, pastikan untuk makan makanan di atas sesuai kebutuhan tubuh ya. Jangan makan terlalu banyak atau berlebihan.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading