Sukses

Beauty

Waspada, Pemilik Tubuh Bentuk Apel Berisiko Kematian Dua Kali Lipat!

Ladies, selama ini kita mengenal ada 5 bentuk tubuh wanita yang ada di dunia, yaitu apel, pir, lurus, V dan jam pasir. Bukan hanya sekedar standar dalam dunia fashion, tetapi ternyata tipe-tipe bentuk tubuh dapat memprediksi kesehatan tubuh kita lho.

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilansir oleh laman nbcnews.com menyebutkan: pemilik tubuh apel, yaitu yang memiliki pinggang lebih besar daripada pinggul, memiliki risiko kematian lebih tinggi. Hal ini diakibatkan karena abdominal fat atau lemak perut yang telah lama dianggap lebih membahayakan daripada lemak yang menumpuk di pinggul dan paha seperti yang dimiliki mereka yang bertubuh pir. Risiko lebih besar pada pria dengan lingkar pinggang lebih besar dari 40 inci dan 35 inci untuk wanita.

Jika selama ini dokter lebih berkonsentrasi ke indeks massa tubuh, kini observasi juga dilakukan pada lingkar pinggang. Peneliti senior, Dr. Francisco Lopez-Jimenez dari Mayo Clinic menceritakan, "Seringkali saya bertemu pasien dengan berat badan normal, tetapi mudah sakit-sakitan. Setelah saya teliti, mereka yang memiliki rasio lingkar pinggang lebih besar daripada pinggul, memiliki dua kali lipat risiko terkena penyakit."

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata, lemak yang menumpuk disekitar organ perut erat kaitannya dengan diabetes, penyakit jantung dan kelainan metabolisme. Lebih daripada lemak yang menumpuk di bawah kulit, seperti di bagian paha.

Lalu bagaimana pencegahan risiko ini bertambah dari hari ke hari? Para ahli menyarankan mereka yang memiliki tubuh apel untuk berdiet dan memperbanyak aktivitas sehari-hari yang membakar kalori, lebih daripada pemiliki tubuh bentuk lainnya.

Bagaimana Ladies? Menurut kami, apapun bentuk tubuhnya, mulai mengatur pola makan dan memperbanyak aktivitas fisik mulai sekarang adalah hal wajib sejak dini agar meminimalisir risiko penyakit yang berujung kematian.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading