Sukses

Beauty

Suka Begadang, Waspada. Inilah Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan Kamu

Ladies, apakah kamu suka begadang dan tidur larut malam? Atau mungkin, kamu akan menghabiskan waktumu selama 24 jam untuk tetap terjaga tanpa tidur sekalipun? Jika kamu memiliki kebiasaan begadang, usahakan untuk segera menghentikannya dari sekarang. Bagi sebagian orang, begadang atau tetap terjaga selama berjam-jam adalah sebuah cara untuk menghibur diri. Begadang juga tak jarang dilakukan karena seseorang dituntut menyelesaikan pekerjaan dalam waktu cepat dan tepat waktu.

Tapi tahukah kamu, tidak tidur dalam waktu satu hari satu malam, hal ini bisa saja mengancam kesehatan fisik dan kesehatan jiwa. Seorang penulis sekaligus peneliti bernama Geoff Rolls mengatakan kepada metro.co.uk, ketika seseorang tak tidur dalam waktu 24 jam secara terus menerus, hal ini memungkinkan bahwa orang tersebut bisa mengalami gangguan jiwa.

Begadang berdampak buruk untuk kesehatan | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Pada buku karya Geoff yang berupa studi kasus atau Clasical Case Studies di ranah psikologi menyebutkan jika seseorang yang tak tidur selama 24 jam rentan mengalami permasalahan pada kesehatan fisik maupun psikisnya. Dalam bukunya, ia memberikan contoh seseorang yang bekerja sebagai DJ atau Disk Jockey (Peter Tripp), tidak tidur selama 8 hari berturut-turut pada tahun 1959. Dalam dua hari pertama, fisik Tripp cukup lelah dan lemas. Walau begitu, perasaanya akan baik-baik saja. Memasuki hari ke tiga, Tripp mengalami kenaikan emosi yang cukup signifikan. Ia menjadi mudah marah dan senang berhalusinasi. Dan dari hari ke hari, kesehatan fisik serta psikisnya mulai terganggu.

Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan selama ini, begadang atau tetap terjaga dalam waktu yang lama memicu seseorang untuk menjadi pribadi yang sakit-sakitan baik dari segi fisik juga psikis. Terry Cralle, seorang ahli kesehatan mengatakan jika mereka yang suka begadang akan rentan terkena diabetes, obesitas, depresi, sistem kekebalan tubuh melemah, sulit tidur lebih awal untuk hari-hari berikutnya, risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, sakit kepala berkepanjangan, refleks melemah dan mengurangi angka harapan hidup.

Melihat begitu banyak dampak negatif yang diakibatkan oleh begadang, masihkah kamu akan tetap meneruskan kebiasaan buruk begadang? Untuk memiliki fisik dan psikis yang sehat, sebenarnya hal ini bisa didapatkan dari kemauan diri kamu sendiri. Usahakan untuk selalu memiliki pola hidup sehat, konsumsi makanan dan minuman sehat, olahraga cukup dan pastikan istirahat cukup setiap harinya. Jika kamu tak bisa tidur dalam 8 jam sehari, minimal tidurlah selama 3 atau 4 jam setiap malam.

Semoga informasi ini bermanfaat dan mari bersama-sama menghilangkan kebiasaan buruk begadang. Terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang dan lanjutkan hingga nanti. Keep spirit and be positive.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading