Sukses

Beauty

Hindari Zat Aditif Pada Makanan Untuk Tubuh Yang Sehat

Pernah mengonsumsi makanan yang berwarna dengan warna yang begitu menarik? Serta manis yang lezat, dan menikmati cemilan dengan gurih yang nagih? Mungkin kamu tidak sadar bahwa ada zat berbahaya yang ikut kamu konsumsi saat menikmati makanan yang menarik tersebut.

Adalah zat aditif yang membuat makanan tersebut menarik. Zat adiktif adalah zat yang ditambahkan pada makanan untuk menambahkan rasa dan penampilan. Beberapa aditif alami seperti cuka dan garam mungkin tidak berbahaya. Tetapi aditif buatan ini yang dapat membahayakan kesehatan. Zat aditif buatan dipercaya sebagai penyebab utama penyakit kanker.

Seperti yang dilansir eatingwell.com menyebutkan salah satu zat aditif adalah monosodium glutamate (MSG). MSG ini adalah zat aditif untuk meningkatkan rasa. MSG banyak ditemui dalam makanan kaleng, makanan ringan, dan beberapa masakan Asia.

Terlalu banyak mengonsumsi MSG dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri di dada, mati rasa dan keringat dingin. Dalam istilah kedokteran gejala ini disebut sebagai Chinese Syndrome Restaurant. Jika kamu mengalami gejala ini, minum air putih yang banyak akan mengurangi risiko ini.

Selain MSG, zat aditif lainnya adalah pewarna buatan yaitu tetrazine yang banyak ditemui dalam minuman ringan. Kalium bromate untuk mengembangkan roti. Aspartam yang merupakan pemanis buatan yang banyak ditemukan dalam minuman bersoda, yoghurt, permen, dan bubuk soda. Menghindari makanan yang mengandung zat aditif penting untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading