Sukses

Beauty

Yuk Makan Mentimun Agar Sehat

Mentimun meskipun terlihat sebagai sayuran sebenarnya mentimun merupakan buah-buahan. Mentimun sehat untuk diet apapun karena mentimun rendah kalori dan lemak. Selain itu mentimun juga kaya akan gizi dan nutrisi yang sangat banyak. Berikut adalah manfaat mentimun bagi kesehatan seperti yang dilansir top10homeremedies.com yaitu:

  1. Mentimun mengandung sekitar 95% air, dan membantu tubuh tetap terhidrasi. Mentimun juga membantu menormalkan suhu tubuh. Plus, mentimun adalah sumber yang baik dari vitamin A dan C, asam folat dan serat yang membantu tubuh menghilangkan racun berbahaya.

  2. Mentimun dapat mencegah kanker. Beberapa komponen dalam mentimun memiliki aktivitas anti-kanker yang cucurbitacins, fisetin, lutein dan asam caffeic. Rasa pahit pada mentimun disebabkan oleh kelas phytochemical yang dikenal sebagai cucurbitacins, yang memiliki sifat anti-kanker yang kuat. Plus, fisetin flavonoid efektif dapat mengurangi viabilitas sel kanker prostat. Asam caffeic memiliki anti-proliferasi dan efek apoptosis pada sel kanker payudara.

  3. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun berfungsi untuk menyingkirkan racun berbahaya dari sistem pencernaan, membantu pencernaan. Selain itu mentimun memiliki enzim erepsin yang membantu tubuh menyerap protein dan memperbaiki pencernaan. Gangguan pencernaan, seperti keasaman, sembelit, mulas, gastritis dan bahkan tukak, dapat dengan mudah diobati di rumah dengan minum segelas jus mentimun setiap hari.

  4. Mentimun juga bisa menyegarkan nafas Anda. Fitokimia dalam mentimun membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan meletakkan sepotong mentimun pada mulut dan tahan terhadap langit-langit mulut dengan lidah Anda selama beberapa detik.

Nah, itu tadi manfaat mentimun untuk kesehatan. Perlu kamu perhatikan, mengonsumsi mentimun yang berlebih juga dapat menurunkan tekanan darah. Jika kamu memiliki tekanan darah rendah, hindari untuk mengonsumsi mentimun. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading