Sukses

Beauty

Hobi Makan Makanan Pedas? Ini Plus-Minusnya Untuk Kesehatanmu

Indonesia banyak dikenal dunia selain karena budayanya yang kaya dan daya tarik wisatanya yang melimpah ruah, juga karena cita rasa kuliner tradisionalnya yang cukup kaya dengan bumbu serta rasa pedasnya. 'Makan tanpa sambal, rasanya nggak lengkap,' inilah yang biasa sebagian orang rasakan saat harus mengonsumsi makanannya tanpa embel-embel rasa pedas dari sambal yang khas.

Mulai dari sambal mattah, dabu-dabu, bawang, hingga sambal terasi lengkap tersedia di negara kita ini. Nah, apakah kamu salah satu penikmat rasa pedas yang menggoyang lidah ini? Jika ya, kamu tentu harus aware dengan manfaat dan kerugian yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan pedas ini.

Disebutkan dalam laman www.womenshealthmag.com, plus ataupun minus, sebaiknya tetap batasi konsumsi cabai dalam keseharianmu karena berbagai alasan ini, Ladies. Yuk, simak.

 

  • Membantu Meredakan Pilek. Makanan pedas dari cabai atau merica bisa membantu meredakan pilek karena tinggi akan vitamin A dan C. Cabai dan merica juga punya properti antibakteri yang bisa membunuh kuman penyebab pilek di dalam perut kamu.
  • Mempercepat Metabolisme Tubuh. Makanan pedas bermanfaat membantu berat badan tetap ideal. Capsaicin, zat pada cabai yang menimbulkan sensasi panas dan terbakar ketika dimakan bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan mempercepat detak jantung dan suhu tubuh. Tapi, tentu saja manfaat ini hanya bisa didapat jika kamu bisa menahan diri tidak kalap saat makan sambal atau makanan pedas, karena rasa pedas dari cabai juga bisa menambah nafsu makan.
  • Memicu Buang Air Besar. Cabai dan rempah-rempah uang pedas beraksi sebagai 'iritan' yang bisa memicu pergerakan pada usus. Dengan kata lain, makanan pedas sebenarnya berfungsi sebagai laksatif atau obat pencahar alami.
  • Menumpulkan Indra Perasa. Menyantap makanan pedas terus menerus dan setiap hari berisiko membuat lidahmu jadi tak terlalu peka terhadap rasa makanan. Jadi meskipun kamu penyuka fanatik makanan pedas, sebaiknya tetap batasi konsumsinya dengan tidak menambahkan sambal atau menggunakan cabai terlalu banyak pada masakan.

Nah, itulah nilai plus dan minus dari mengonsumsi makanan pedas. Dengan poin plus dan minus ini, pastikan kamu bisa membatasi sendiri konsumsi makanan pedas dalam keseharian agar tubuh tetap sehat, ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading