Sukses

Beauty

Jangan Gunakan Kertas Koran untuk Alas Gorengan, Bahaya!

Setelah membuat gorengan atau menggoreng sesuatu biasanya kita perlu meniriskannya sebelum menghidangkannya. Biasanya kita akan menggunakan saringan atau tisu khusus untuk menyerap minyak berlebih pada gorengan. Tapi tak jarang juga menggunakan kertas koran untuk menyerap minyak berlebih pada gorengan.

Kertas koran yang mudah didapat sering dijadikan andalan untuk menyerap minyak gorengan yang baru dimasak. Bahkan kita sering menggunakan kertas koran untuk alas atau bungkus gorengan. Hanya saja kita tak pernah sadar kalau sebenarnya cara tersebut malah memberi sejumlah efek negatif. Dilansir dari zeenews.india.com, ada sejumlah risiko yang harus kita hadapi kalau menggunakan kertas koran untuk menyerap minyak berlebih pada gorengan. Info ini penting untuk kita ketahui agar bisa lebih berhati-hati lagi saat memilih alas atau bungkus untuk makanan yang digoreng.

    Risiko Kanker

    Tinta yang ada pada kertas koran itu berbahaya. Dan kalau digunakan sebagai alas atau bungkus gorengan, tinta bisa terserap oleh makanan. Kalau makanan tersebut kemudian kita konsumsi, kita bisa berisiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker.

    Berdampak pada Kesehatan Paru-Paru dan Ginjal

    Kertas koran mengandung grafit dan jika masuk dalam tubuh bisa membuat tubuh kesulitan untuk mengeluarkan racunnya. Sistem ekskresi tubuh jadinya terganggu. Dampak negatif jangka panjangnya pun bisa membuat kesehatan paru-paru dan ginjal terganggu. Apalagi jika racun dalam tubuh sudah sangat menumpuk, efek sampingnya benar-benar membahayakan, Ladies.

    Sistem Pencernaan dan Keseimbangan Hormon Terganggu

    Pelarut kimia yang masuk dalam tubuh dari makanan beralas koran yang kita konsumsi bisa mengganggu kesehatan sistem pencernaan. Bahkan keseimbangan hormon juga bisa terganggu.

Jadi, sekarang apa solusinya?

Untuk menyerap minyak berlebih dari gorengan atau makanan yang digoreng, lebih baik gunakan tisu dapur atau handuk kertas khusus dapur. Atau kalau lagi kepepet, gunakan kertas putih polos saja dan bukan kertas koran.

Nah, mulai dari sekarang kita harus lebih berhati-hati lagi saat memilih alas untuk makanan yang kita konsumsi, ya. Jangan sampai kita mengorbankan kesehatan hanya karena keteledoran kita sendiri.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading