Sukses

Beauty

2 Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Tidur Dekat Handphone

Meski memang kamu tak bisa lepas dari smartphonemu dari pagi hingga sore, tapi jangan sampai kamu tidur juga di samping gadgetmu dengan keadaan menyala. Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa tidur dengan gadget tidak baik karena adanya radiasi elektromagnetik dari gadget yang bisa mengganggu kesehatan.

Tapi bukan hanya itu saja yang membahayakan dari tidur bersama gadget. Alasan pertama, gadget bisa menurunkan kualitas tidur.Handphone mengeluarkan semacam sinar biru yang memberi sinyal kepada neuron otak untuk bangun. Sedangkan alam bawah sadarmu memberi sinyal untuk tidur karena malam hari.

Hal ini bisa membingungkan tubuh, dan kamu akhirnya sulit tidur. Dalam keadaan gelap dan mengantuk pun, kamu masih tak bisa cepat tidur dan membutuhkan waktu untuk bisa terlelap. Untuk menghilangkan efek sinar dari handphone, dianjurkan kamu mematikan gadget 2 jam sebelum tidur.

Meski tak ada bukti ilmiah handphone bisa menyebabkan kanker, tapi barang elektronik ini mengeluarkan radiasi gelombang radio yang tak terlihat namun diklasifikasikan sebagai salah satu pemicu munculnya potensi karsinogenik di tubuh. Hal ini diungkapkan oleh  Agency for Research on Cancer (IARC). Ini juga yang jadi alasan kedua.

Tanpa kamu sadari, frekuensi gelombang radio ini menyebar radikal bebas yang merusak otak. Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk menjauhkan gadget atau handphone-mu dari kepala. Cara terbaik adalah tidak tidur dengan handphoe di samping kepalamu serta hindari telepon langsung menempelkan handphone di telinga.

Jika memang kamu butuh memasang alarm dari handphone, taruh handphone di meja yang jauh dari jangkauanmu atau di lantai. Kmau tetap bisa mendengar suara alarm namun mengurangi risiko terpapar sinar biru dan gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan handphone.

Dengan cara ini juga kamu bisa mengurangi aktivitas malam hari yang membuatmu terjaga karena sibuk melihat media sosial sekaligus menjaga kesehatan otak dari kerusakan yang bahkan tidak kamu rasakan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading