Sukses

Beauty

4 Kebiasaan Simpel Ini Ternyata Bisa Tingkatkan IQ, Lho

Otak yang tangkas dan cerdas tentu memainkan peranan penting dalam perkembangan karir seseorang. Untuk mengasahnya, kamu perlu terus bekerja dan mempelajari hal baru. Selain dengan banyak membaca, daya pikir dan kemampuan nalar juga bisa ditingkatkan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan simpel.

Disebutkan dalam laman www.menshealth.co.uk, inilah empat di antaranya yang terbukti bisa menaikkan kecerdasan intelektual atau IQ seseorang.

  • Diet Vegetarian. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa IQ yang tinggi erat kaitannya dengan diet vegetarian. Gaya hidup dan pilihan nutrisi dari seorang vegetarian selalu dihubungkan dengan kekuatan fungsi intelektual yang lebih tinggi dan penurunan fungsi kognitif yang lebih rendah ketika sudah berumur.
  • Jangan Multitasking Wanita memang dikenal pandai melakukan banyak hal secara bersamaan atau multitasking. Sayangnya, hal tersebut belum tentu baik untuk otak, terlebih jika berkaitan dengan digital. Misalnya membaca e-book sambil mengirim pesan dengan teman. Atau menonton tv sambil sambil main handphone. Menurut penelitian yang dilakukan University of Copenhagen, hal tersebut dapat menggangu otak dan menurunkan IQ sampai senilai anak delapan tahun.
  • Dengarkan Musik. Cara meningkatkan IQ yang satu ini cukup menyenangkan. Berdasarkan studi dari Finlandia, musik berkaitan dengan ingatan. Orang yang rutin mendengarkannya terutama musik klasik memiliki kemampuan belajar dan mengingat yang lebih baik. Untuk itu, mulailah mengoleksi instrumen musik klasik di gadget Anda.
  • Scanning and Skimming. Scanning dan skimming adalah istilah yang digunakan untuk teknik membaca cepat. Membaca cepat bisa membuat Anda lebih cerdas. Bukan hanya mempengaruhi IQ, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan empati hingga mengurangi depresi.

Nah, itulah 4 kebiasaan sederhana yang dapat meningkatkan IQ. So, tertarik untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini mulai sekarang? Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading