Sukses

Beauty

Jangan Tidur Terlalu Banyak di Akhir Pekan, Ini Akibatnya Untukmu

Akhir pekan memang merupakan waktu yang pas jika digunakan untuk merelaksasi pikiran maupun mengistirahatkan tubuh dari kepenatan. Beberapa orang memanfaatkan akhir pekan  untuk pergi liburan, sementara sebagian lagi memilih menghabiskan waktu tidur di rumah. Meski memilih tidur dan beristirahat di rumah tidak salah, tapi pastikan kamu tidak terlalu banyak tidur saat hari libur.

Disebutkan dalam laman femalefirst.co.uk, tidur yang terlalu banyak di akhir pekan  bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Beberapa di antara gangguan kesehatan tersebut di antaranya:

  • Mengurangi Daya Ingat. The Journal of the American Geriatrics Society menemukan bahwa terlalu banyak tidur akan memengaruhi daya ingat seseorang. Usia ingatan mereka yang terlalu banyak tidur di akhir pekan, dua tahun lebih tua karena tidur berlebihan dari waktu yang disarankan. Kualitas tidur yang didapatkan bukan semakin baik tapi malah bisa memburuk.
  • Stroke. Berdasarkan studi yang dilakukan di Cambridge, para peneliti mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering menghabiskan waktunya untuk tidur 46% lebih berisiko mengalami stroke. Namun bukan berarti penyebab stroke hanya karena tidur berlebihan. Faktor gaya hidup dan pola makan tentu juga menjadi penyebab utamanya.
  • Lebih Mudah Stres. Kebanyakan tidur bisa membuatmu mudah stres hingga depresi. The Centres for Disease Control mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki waktu tidur berlebihan akan mengalami kesehatan mental lebih buruk. Tekanan mental tersebut bisa mengakibatkan depresi. Orang yang sering bangun kesiangan biasanya akan memiliki disorientasi pikiran. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika kamu akan mengalami amnesia sementara seperti saat baru bangun dari tidur yang panjang.
  • Diabetes. Mereka yang memiliki waktu tidur lebih dari delapan jam sehari berisiko menyebabkan kadar glukosa meningkat. Selain makanan, faktor tidur berlebihan juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Oleh karena itu, kamu  dianjurkan memiliki waktu tidur yang cukup yaitu delapan jam setiap hari tidak lebih maupun kurang.

Nah, itulah beberapa akibat buruk bagi kesehatan jika kamu terlalu banyak tidur di akhir pekan. So, pastikan untuk tidak tidur berlebihan walau sedang libur ya, Ladies. Sebaiknya kamu tidur dengan cukup sekitar tujuh hingga delapan jam seperti yang telah disarankan para pakar kesehatan, dan tidak lebih dari alokasi waktu tersebut. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading