Sukses

Beauty

Sering Nggak Sadar, 3 Kebiasaanmu Ini Bisa Bikin Perut Buncit

Penyebab kegemukan dan perut buncit ada banyak sekali. Berbagai faktor bisa jadi penyebab utamanya. Salah satunya adalah dari kebiasaan harian yang sering kita lakukan.

Ada sejumlah kebiasaan harian yang sering kita lakukan yang ternyata jadi penyebab perut buncit. Selama ini kita menganggapnya remeh dan seperti tak memberi dampak apa-apa. Namun, siapa sangka justru dari kebiasaan yang sebenarnya sepele itulah kita bisa mengalami kegemukan. Dilansir dari everydayhealth.com, ada tiga kebiasaan harian yang sebaiknya dihindari dan dihentikan jika kamu tak mau kegemukan. Selengkapnya, yuk simak infonya di sini.

Makan Sambil Bekerja
Biasanya nih karena kesibukan yang padat, kita jadi tak bisa meluangkan waktu khusus untuk makan. Akhirnya jalan yang dipilih adalah makan sambil bekerja atau makan di depan komputer. Kebiasaan ini sepintas seperti aman-aman saja. Tapi ternyata bisa jadi biang penyebab kegemukan.

Alasannya adalah karena jika makan sambil bekerja, kita jadi tak bisa mengontrol porsi makan kita. Akibatnya makan jadi berlebihan dan tak bisa tahu pasti apakah perut sudah kenyang atau belum karena konsentrasi kita terbagi dengan pekerjaan yang kita lakukan. Ada baiknya untuk meluangkan waktu khusus untuk makan. Toh, paling cuma butuh waktu 15 menit saja untuk makan hingga cukup kenyang.

Makan Saat Stres atau Tertekan
Pernah dengar istilah emotional snacking? Istilah ini mengacu pada kebiasaan makan saat kita sedang emosional, seperti ketika stres atau tertekan. Sebaiknya hindari makan ketika emosi sedang tak stabil. Karena ada kecenderungan kita akan makan berlebihan (overeating)ketika dalam kondisi stres atau tertekan. Lebih-lebih jangan sampai kamu melampiaskan emosi dan stresmu dengan makanan ya.

Makan Ketika Kecapekan
Saat tubuh lagi super kecapekan, biasanya kita makin sulit mengontrol nafsu makan. Sehingga kita jadi punya kecenderungan makan berlebih saat kecapekan. Dan secara tidak sadar, kalori yang kita konsumsi bisa berlebih hingga 1000 kalori ketika kita makan saat kondisi tubuh kecapekan. Kalau kamu kecapekan, baiknya istirahatkan dulu tubuhmu. Baru setelah tubuh terasa lebih baikan, barulah makan dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Untuk menjaga berat badan tetap ideal dan terhindar dari kegemukan atau perut buncit, kita memang perlu mengatur kebiasaan harian kita, Ladies. Dengan kebiasaan sehat dan pola hidup yang baik, kebugaran tubuh akan senantiasa terjaga.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading