Sukses

Beauty

Terlalu Banyak Makan Masakan Asin Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

Garam memang penyedap masakan yang paling mudah ditemukan dan sudah ada sejak dari dulu kala. Namun, terlalu banyak mengonsumsi garam secara berlebihan ternyata bisa menjadi penyebab 2,3 juta kematian akibat serangan jantung, stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Kelebihan asupan garam dalam tubuh ternyata menjadi penyebab kematian karena serangan jantung sebanyak 15%.

Para peneliti menemukan berbagai fakta terbaru bagaimana asupan sodium itu berpengaruh pada risiko penyakit jantung, dengan melakukan uji meta-analisa terhadap ratusan orang secara acak. Mereka mencari dampak sodium pada tekanan darah yang berpengaruh pada penyakit jantung yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti stroke.

Selain itu penelitian menemukan bahwa kematian akibat kelebihan sodium ini 60 persen menimpa pasien laki-laki dan 40 persen wanita. Lebih dari 80 persen kematian ini terjadi di negara dengan pendapatan rendah atau menengah ketimbang negara berpendapatan tinggi.

Karenanya beberapa negara seharusnya melakukan beberapa langkah-langkah kesehatan nasional dengan memberlakukan program pengurangan konsumsi garam. Program seperti ini diperkirakan bisa menyelamatkan jutaan jiwa. Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan konsumsi garam secara terbatas yaitu tidak lebih dari 1.500 mg/hari.

Well, kurangi konsumsi garam sebisa mungkin untuk kehidupan yang lebih sehat yuk Ladies!

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading