Sukses

Beauty

Perhatian, Ini Yang Dikatakan BAB Tentang Kesehatan Tubuhmu

Pernah merasa penasaran seberapa sehat sebenarnya tubuhmu dari dalam? Sistem pencernaanmu bisa memberimu jawaban atas rasa penasaranmu ini lho. Satu hal yang pasti dari hasil sistem pencernaan adalah zat buang. Dan mungkin kamu juga sudah akrab dengan rutinitas 'panggilan alam' di pagi hari saat ke kamar mandi.

Buang air besar bukan perkara jorok atau apa, hal ini justru bisa memberikan gambaran kondisi kesehatan tubuhmu yang sebenarnya. Perubahan warna pada kotoran bisa menjadi indikator bahwa tubuhmu mengalami suatu hal, entah itu baik maupun buruk.

Seperti yang dilakukan Ramsay Health Care UK, yang membuatkan tabel yang menunjukkan mana tipe kotoran manusia yang sehat dan mana tipe yang perlu diwaspadai, karena ada kalanya warna kotoran bisa mengindikasikan adanya kanker usus.

copyright by Ramsay Health Care
Kotoran yang bercampur dengan darah merupakan salah satu tanda kanker usus. Adanya infeksi bakteri bisa mengubah aktivitas usus seperti terjadinya diare. BAB yang sehat berwarna cokelat dan tidak keras atau terlalu padat.

Kanker usus sendiri merupakan penyakit kanker ketiga paling umum di dunia, dan sayangnya masih kecil kesadaran masyarakat mengenai kewaspadaan terhadap kanker usus ini karena tak banyak yang dengan terbuka membicarakan tentang 'aktivitas toilet' mereka. Menurut penelitian, 35.7% orang tak terbuka mengenai hal ini.

Sedangkan 21.8% orang lainnya mengatakan bahwa mereka akan pergi ke dokter ketika pertama kali melihat ada darah yang keluar saat BAB, sedang sepertiga lainnya menunggu hingga seminggu untuk melihat perkembangan BAB, baru pergi periksa ke dokter. Kebanyakan pasien, 90% dengan kasus kanker usus stadium 1 masih bisa diselamatkan.

Masalahnya, tak banyak orang yang peka dan sadar bahwa mereka sedang sakit, dan terkadang penyakit sudah lebih parah. Ini karena kurangnya perhatian terhadap hasil buang atau BAB yang sehat.

Untuk itu, banyak dokter menyarankan, jika ada perubahan pada sistem pencernaan, merasa sakit perut, lebih dari tiga minggu lamanya, atau jika kamu menemukan ada darah saat BAB, segera konsultasikan ke dokter. Jangan menunggu hingga parah.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading