Sukses

Beauty

Takjub, Ini Efek Kandungan Jahe Dalam Membunuh Sel Kanker

Kanker jadi penyakit serius dan ancaman bagi siapa saja. Kanker bisa menyerang tanpa kita sadari dan bahayanya, kanker seringkali baru diketahui ketika sudah masuk stadium serius dan parah. Pengobatan kanker pun tak murah dan tak bisa sebulan-dua bulan kemudian sembuh.

Tapi selain pengobatan secara medis, ada beberapa bahan alami yang ternyata kuat melawan berkembangnya sel kanker dan bahkan lebih mengejutkannya lagi bisa membunuh sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan di Georgia State University menemukan bahwa beberapa tumbuhan alami bisa membantu melawan sel-sel kanker di dalam organ tertentu tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Salah satu tumbuhan tersebut adalah jahe. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa jahe mampu melawan sel kanker prostat. Dalam percobaannya, peneliti mempertemukan jahe dengan sel kanker secara in vitro (tes pada cawan) dan in vivo (pada organ hidup, dalam hal ini tubuh tikus).

Hasilnya, jahe bisa menghambat perkembangan sel kanker dan menekan pertumbuhan sel sehingga tidak bertambah parah. Bukan hanya menghentikan perkembangbiakan sel, jahe menimbulkan reaksi apoptosis, yaitu kematian pada sel kanker. Jahe seperti mengendalikan sel kanker untuk membunuh dirinya sendiri dan memperkecil ukuran sel kanker dalam prostat.

Kandungan dalam jahe yang disebut  gingerols lah yang punya andil besar dalam hal ini. Gingerols juga membantu meredakan pembengkakan atau inflamasi disebabkan oleh berbagai penyakit, tak terkecuali pada kanker. Para peneliti percaya bahwa menambahkan jahe ke dalam menu diet pasien kanker mampu mempercepat penyembuhan atau paling tidak menekan kanker.

Tak heran ya jika jahe dikenal sejak dulu sebagai tanaman obat, bukan hanya menyembuhkan penyakit ringan, jahe punya kemampuan ajaib melawan sel kanker. Penemuan ini tentu masih butuh dikembangkan, namun sudah diketahui pasti bahwa jahe secara nyata punya  kemungkinan besar jadi obat kanker.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading