Sukses

Beauty

Berhenti Makan Junk Food, 5 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuh

Makanan cepat saji atau yang juga sering kita kenal sebagai fast food atau junk food merupakan makanan yang sangat enak dan lezat. Saat makan junk food, rasanya kita seperti ketagihan dan nggak bosan untuk memakannya. Tapi, makan junk food terlalu banyak justru sangat tidak baik buat kesehatan. Hal ini mengingat bahwa junk food merupakan makanan yang kaya akan zat kimia dan zat berbahaya lainnya.

Keri Glassman, RD, seorang ahli kesehatan dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa junk food sangat tidak baik buat kesehatan. Apalagi, jika ia dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama dan terus menerus. Dikutip dari laman prevention.com, para ahli sangat menyarankan agar kita semua mengurangi konsumsi junk food atau setidaknya berhenti makan junk food. Saat kita berhenti makan junk food, setidaknya akan ada banyak hal baik yang bisa dirasakan tubuh. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Mengurangi Sakit Kepala

    Tanya Zuckerbot, RD, seorang CEO dan penulis The F-Factor Diet mengungkapkan jika kandungan MSG, zat pewarna, nitrat dan nitrit di dalam junk food berisiko besar menyebabkan sakit kepala. Dan ketika kita memutuskan untuk berhenti makan junk food, hal ini akan membuat kita mengurangi asupan MSG maupun nitrat yang menjadi penyebab kepala. Berkurangnya MSG inilah yang dikatakan bisa mengurangi risiko sakit kepala.

    Memiliki Tidur Nyenyak

    Makanan junk food yang identik dengan rasa asin dan gurih dipercaya bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, tidak jarang hal ini akan membangunkanmu tengah malam dan membuat tidur tak lagi nyenyak. Ketika kamu memutuskan untuk menghentikan makan junk food, dipastikan hal ini akan bantu kamu memiliki tidur yang lebih nyenyak tanpa takut terbangun saat malam.

    Melancarkan Sistem Pencernaan

    Hal baik selanjutnya yang akan terjadi pada tubuh ketika berhenti makan junk food adalah semakin lancarnya sistem pencernaan. Tak hanya itu saja, berhenti makan junk food dan menggantinya dengan makan sayur serta buah akan bantu kamu mengurangi racun dalam tubuh yang bisa berisiko pada berbagai penyakit.

    Kulit Sehat dan Bersih

    Berhenti makan junk food juga akan membuat kamu memiliki kulit yang lebih sehat dan bersih. Hal ini terjadi karena junk food biasanya identik dengan rasa asin dan gurih yang kaya akan lemak dan protein penyebab kulit rusak, berjerawat atau pun berkomedo. Jika kamu berhenti makan junk food, dipastikan kamu akan mengurangi asupan lemak dan protein penyebab kulit rusak dan kulitmu pun akan menjadi lebih sehat serta bersih.

    Menurunkan Berat Badan

    Studi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa lebih dari 12 ribu orang di Amerika Serikat mengalami kenaikan berat badan ketika mereka suka mengkonsumsi junk food seperti keripik, minuman manis, daging olahan dan sejenisnya. Sementara mereka yang suka konsumsi makanan sehat dan mengolah sendiri saat segar, mereka cenderung memiliki berat badan ideal. Menariknya lagi, mereka yang sebelumnya suka makan junk food dan berhenti dari kesukaannya tersebut, mereka mengalami penurunan berat badan yang signifikan dari hari ke hari.


Ladies, itulah yang akan terjadi pada tubuh ketika kamu memutuskan berhenti konsumsi junk food. Selain hal baik di atas, berhenti makan junk food juga dipercaya bisa membuat seseorang memiliki tubuh lebih sehat, bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, ginjal ataupun liver. Semoga informasi ini bermanfaat. Agar punya tubuh sehat, cobalah untuk mengurangi konsumsi junk food, terapkan pola hidup sehat, olahraga cukup, minum air cukup dan istirahat cukup.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading