Sukses

Beauty

Bukan Hanya Mencegah Kanker, Ini 10 Manfaat Lain Buah Kersen

Buah kersen atau sering juga disebut buah ceri ini mungkin bukan jenis buah-buahan yang bisa kamu temui dijual di pasar atau supermarket. Namun pohon kersen mudah dijumpai di mana saja, karena pohonnya memang gampang sekali tumbuh, bahkan tak butuh bibit untuk bisa menemukannya tumbuh di suatu tempat.

Pohonnya yang tinggi dan berdaun banyak biasanya cocok untuk pohon berteduh karena sangat rindang. Meski memang tak punya nilai jual, namun buah-buahan merah kecil manis ini punya banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui.

    Memiliki sifat antibakteri

    Buah ini mengandung antibakteri alami yang mampu melawan bakteri jahat di usus, sepsis, staph dan difteri.

    Kaya vitamin C

    Dari banyaknya buah-buahan, kersen termasuk memiliki kandungan vitamin C hingga 150 mg. Karena hal ini, kersen bisa menjadi salah satu makanan sumber antioksidan melawan radikal bebas.

    Meredakan asam urat dan encok

    Rasa nyeri di sendi dan tulang disebabkan tingginya asam urat ini bisa diredakan dengan makan 9-12 buah kersen 3 kali sehari. Lebih banyak lebih baik untuk meredakan nyeri.

    Meredakan sakit kepala

    Nyeri atau sakit kepala bisa diredakan dengan makan buah kersen karena buah ini membantu melancarkan peredaran darah, membuat rileks pembuluh darah sehingga otot syaraf tidak tegang.

    Baik untuk penderita diabetes

    Ketika penderita diabetes tak boleh makan manis, buah kersen yang manis justru membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

    Kandungan nutrisi sehat

    Kulit kersen bisa langsung dimakan dan mengandung serat tinggi. Buahnya bukan hanya kaya vitamin C, tapi juga protein, kalsium, fosfor, karbohidrat dan vitamin B kompleks.

    Mencegah kanker

    Buah kersen bisa memenuhi kebutuhan antioksidan, sedangkan daunnya bisa membantu memperkuat antioksidan hingga taraf mencegah kanker. Tentu saja penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk hal ini.

    Menurunkan tekanan darah

    Buah kersen ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah karena mengandung nitrat oksida yang menjadi senyawa alami membuat pembuluh darah rileks sehingga peredaran darah lancar.

    Menjaga jantung sehat

    Teh kersen memiliki banyak kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang ampuh menjaga pembuluh darah lancar dan menjaga jantung sehat.

    Melancarkan pencernaan

    Makan buah kersen bagus untuk kamu yang diare karena kandungan seratnya bagus untuk mengurangi derita diare. Buah kersen bisa melancarkan pencernaan dan memperbaiki masalah pencernaan.

Jadi, jika punya pohon buah kersen di sekitar rumah, jangan buru-buru ingin ditebang ya. Meskipun tak bisa dijual buahnya, tapi kersen ternyata punya banyak manfaat sehat yang siapa tahu kamu butuhkan suatu hari nanti. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading