Sukses

Beauty

Bisa Jawab Pertanyaan Ini, Kamu Bakal Hidup Bahagia Hingga 80 Thn

Kamu mungkin tak akan pernah tahu kamu akan hidup hingga umur berapa, tak ada orang yang tahu. Tapi jika kamu menjaga hidup sehat, berbuat baik dan punya banyak orang yang peduli padamu, mungkin kamu tahu kamu akan hidup panjang umur atau lebih lama dari orang lain.

Seperti juga jika kamu bisa menjawab pertanyaan satu ini. "Adakah seseorang dalam hidupmu yang membuatmu merasa sangat nyaman, bahkan untuk membangunkannya jam 3 pagi hanya untuk mendengarkan ceritamu?"

Jika kamu bisa menjawab 'Iya' untuk pertanyaan ini, sebuah penelitian mengenai kebahagiaan dan kebugaran tubuh mengatakan bahwa kamu punya potensi berumur panjang dibanding mereka yang menjawab 'Tidak'. Bagaimana bisa?

George Vaillant, psikiatris asal Harvard menemukan fakta dalam penelitiannya, bahwa kekuatan cinta dan rasa peduli lah yang mendasari hal ini. Orang yang memiliki teman atau pendamping hidup yang selalu memberi support saat dibutuhkan memiliki hidup yang lebih sehat secara mental.

Berbeda dengan orang yang kesepian dan tak memiliki siapa-siapa. Orang tersebut akan cenderung merasa stres, bahkan jika ia orang tersebut adalah introvert yang suka menghabiskan waktu sendiri. Bahkan seorang pendiam saja butuh teman.

Neuroscientist John Cacioppo juga mengatakan bahwa rasa kesepian adalah suatu kondisi yang mampu melumpuhkan kesehatan mental dan emosional seseorang. dalam penelitian yang dipimpin Derek Isaacowitz juga menemukan bahwa kapasitas untuk mencintai dan dicintai adalah kekuatan besar yang secara jelas mampu menguatkan seseorang, baik secara mental maupun fisik.

Jadi tak heran, mengapa banyak orang akan lebih cepat sembuh jika memiliki keluarga yang perhatian, peduli dan mencintai dibanding mereka yang menghabiskan waktu sendirian saat sedang sakit. Karena secara alami, tubuhnya memberikan kekuatan untuk bertahan, untuk hidup lebih lama.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading