Sukses

Beauty

Awas, Cahaya Lampu Berlebih di Kota Bisa Merusak Retina Mata

Tinggal di kota dengan suasana kota yang ceria dan berhiaskan banyak lampu memang sangat menyenangkan. Apalagi, jika lampu-lampu ini merupakan lampu LED yang memiliki sinar hangat dan mengesankan. Tak hanya membuat kota terlihat makin indah, kota pun akan terasa makin nyaman dan hidup. Tapi tahukah kamu, keberadaan lampu LED yang berlebih di kota dikatakan justru sangat tidak baik buat kesehatan.

Dikutip dari laman worldinsidepictures.com, para ahli kesehatan mata menemukan bahwa keberadaan lampu kota yang berlebih bisa meningkatkan risiko kerusakan retina mata. Para ahli juga mengungkapkan bahwa tak hanya retina mata yang bisa rusak. Lebih mengerikan, keberadaan sinar lampu LED yang berlebih akan membuat orang yang tinggal di kota rentan mengalami depresi, kesulitan tidur dan perasaan mudah marah.

Gelombang biru yang ada di lampu bisa merusak retina mata | Photo: Copyright worldinsidepictures.com

Sebelumnya, ahli kesehatan telah memperingatkan orang-orang untuk tidak menggunakan lampu dengan pencahayaan melebihi CT di atas 3000 Kelvin. Karena, hal ini dipercaya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan berpengaruh buruk buat kesehatan mata khususnya retina. Tapi ternyata, di kota besar seperti halnya New York, Hong Kong, Las Vegas atau mungkin di kota besar Indonesia lampu kota yang digunakan adalah lampu LED dengan pencahayaan melebihi CT yakni di atas 4000 Kelvin.

Memang, lampu LED akan terlihat lebih nyaman dan tenang. Selain itu, lampu LED juga dikatakan lebih mampu menghemat energi. Hanya saja, di balik keunggulan yang ditawarkan, lampu LED dengan pencahayaan berlebih ternyata dikatakan bisa memperburuk kesehatan mata dan merusak retina. Sinar lampu LED yang tenang inilah yang dikatakan benar-benar merusak kesehatan retina.

Para ahli menyebutkan bahwa tidak sedikit lampu kota khususnya LED mengandung gelombang biru yang mengesankan namun bisa berpengaruh buruk buat kesehatan mata. So Ladies, agar kita semua tetap bisa memiliki mata yang sehat dan retina yang selalu bekerja secara maksimal, alangkah baiknya jika kita pandai-pandai dalam memilih lampu.

Disarankan agar kita yang tinggal di kota besar tak sering-sering menghabiskan malam di luar rumah atau di jalan. Tak hanya lampu jalan di kota yang berpengaruh buruk buat kesehatan mata, lampu rumah pun juga bisa berbahaya ketika kita tak bisa menggunakannya dengan bijak. Ketika tidur, akan lebih baik jika kita mematikan lampu utama dan menggantinya dengan lampu yang lebih tenang, hangat serta tidak terlalu memiliki sinar cahaya berlebih

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading