Sukses

Beauty

Ini Alasan Mengapa Roti Sulit Sekali Dihindari Sebagai Camilan

Salah satu makanan yang pasti banyak disukai orang adalah roti. Makanan dengan bahan utama tepung terigu ini anehnya selalu jadi makanan yang sulit dihindari, bisa jadi camilan hingga makanan berat. Tapi tahukah kamu mengapa roti sulit sekali dihindari?

Sebuah penelitian baru dari Oregon State University di Corvallis menemukan bahwa makanan berbahan tepung kemungkinan jadi rasa nomor enam. Seperti yang kita tahu bahwa indra pengecap bisa merasakan rasa manis, asin, asam, pahit, dan gurih/umami.

Juyun Lim, peneliti dalam studi ini mengatakan bahwa karbohidrat kompleks dari makanan berbahan tepung bisa jadi rasa baru yang dikenal lidah. Karbohidrat komplek memang terbentuk dari susunan gula yang mana bisa disalah artikan masuk kategori rasa manis.

Dalam penelitian ini, para partisipan diminta makan makanan biasa tanpa kandungan tepung dan makanan dengan kandungan tepung semacam roti. Tapi uniknya, lidah tetap bisa merasakan adanya tepung bahkan ketika lidah diberi senyawa yang memblokir reseptor pada lidah untuk mengenali rasa manis. Dengan kata lain, hal ini membuktikan bahwa lidah menemukan rasa lain selain manis dari roti.

Meski begitu para ilmuwan seringkali masih mengabaikannya. Dan tentu saja masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lain untuk mengetahui kebenaran tentang hal ini. Benarkah lidah kita mampu membedakan rasa makanan bertepung dan benarkan ini jadi kelompok rasa yang baru.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading