Sukses

Beauty

Ahli Kesehatan Bilang, Ini Waktu Paling Tepat Untuk Tidur Malam

Malam hari adalah waktu paling nyaman dan lama untuk tidur, dan umumnya orang dewasa hanya memiliki kesempatan malam hari untuk tidur. Dan sebaiknya kamu tidak menyia-nyiakan kesempatan tidur ini ladies. Karena seperti yang kita tahu bahwa kurang tidur menimbulkan banyak masalah kesehatan dan emosional.

Tapi tahukah kamu kapan sebaiknya tidur saat malam hari? Banyak ahli kesehatan dan ilmuwan menyarankan orang dewasa untuk tidur 8-9 jam per malam. Dengan kata lain, paling lambat kamu harus tidur jam 10 malam tepat.

Kebanyakan para peneliti kesehatan setuju bahwa begadang tak ada manfaatnya. Dan mengapa setiap orang butuh tidur cukup? Karena hal ini banyak mempengaruhi kinerja optimal tubuhmu bahkan bisa menentukan apakah kamu akan bahagia, awet muda dan panjang umur ataukah sebaliknya.

Secara umum, tubuh sendiri sudah memberi sinyal untuk segera tidur segera setelah matahari terbenam atau keadaan sekitar menjadi gelap. Setelah jam 9 malam, temperatur tubuh dan kadar kortisol juga menurun.

Lalu bagaimana jika kamu sudah merasa mengantuk sebelum jam 9 malam? Tidak masalah, langsung tidur saja. Ini adalah sinyal alami dari tubuh, justru akan lebih baik jika kamu langsung tidur ketika memang sudah sangat mengantuk. Menahannya justru tak baik. 

Dan inilah waktu yang tepat untuk istirahat dan tidur. Hormon kortisol adalah hormon stres yang apabila dibiarkan saja akan menumpuk di tubuh, dan cara terbaik mengurangi kadarnya adalah dengan tidur.

Tidak tidur hanya akan membuatmu makin stres esok harinya. Jadi, sekarang kamu tahu kan jam berapa seharusnya kamu tidur setiap hari? Yuk lebih teratur mengatur jam tidur.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading