Sukses

Beauty

Cegah Bungkuk, Begini Posisi Leher yang Benar Saat Pakai HP

Keseringan pakai handphone bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi kalau kita juga cuek soal menjaga postur tubuh ketika pakai HP dan gadget, dampaknya bisa lebih serius lagi. Sementara itu intensitas penggunaan HP tak bisa dikurangi karena kebutuhan dan tuntutan pekerjaan. Kalau sudah begini, apa yang harus kita lakukan?

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjaga postur tubuh. Seperti yang dilansir oleh brightside.me, postur tubuh bisa mempengaruhi kondisi emosional kita. Seseorang bisa mengalami depresi klinis karena pose atau postur tubuh yang salah. Kalau dulu yang bungkuk itu lebih didominasi oleh orang-orang yang sudah tua atau lanjut usia. Kini, anak-anak muda juga bisa bungkuk karena postur tubuh yang salah saat menggunakan HP.

Posisi tubuh yang salah saat pakai HP. | Foto: copyright brightside.me

Posisi leher yang sampai ikut membungkuk saat pakai HP. Seperti yang terlihat di ilustrasi di bawah ini, saat pakai HP, pandangan mata yang perlu ditundukkan bukan leher. Angkat HP dalam posisi yang nyaman dan bisa terjangkau dengan pandangan mata lebih mudah, yang tak mengharuskanmu menunduk atau membungkuk. Tak terlalu sulit untuk dilakukan, kan?

Posisi tubuh yang benar saat pakai HP. | Foto: copyright brightside.me


Untuk mencegah bungkuk, ini lima tips simpel yang bisa dilakukan:
1. Gerakkan leher ke kanan dan ke kiri secara berkala.
2. Pijat area bahu, otot-otot leher, dan area di antara tulang belikat.
3. Berdiri, sandarkan punggung di pintu, rentangkan kedua tangan, lalu busungkan dada selama beberapa detik. Cara ini bisa bantu merilekskan otot-otot yang kaku karena penggunaan HP dalam waktu lama.
4. Setelah pakai HP selama lebih dari 10 menit, sentuhkan dagu ke leher, lalu tarik kedua tulang belikat ke titik tengah bersamaan. Tahan selama 10 detik dan lakukan beberapa kali.
5. Selalu ingatkan diri untuk tidak membungkukkan tubuh saat pakai HP.


Mulai saat ini, yuk kita jaga postur tubuh kita lebih baik lagi. Hal ini memang perlu dibiasakan. Awalnya akan sulit, tapi setelah mencoba beberapa kali, lama-lama bisa jadi kebiasaan.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading