Sukses

Beauty

Sendawa Terus Menerus? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Sendawa setelah makan atau minum pada dasarnya hal yang normal. Sekali atau dua kali sendawa tak akan membahayakan kesehatan. Tapi bagaimana kalau sendawa berkali-kali dan susah berhenti?

Sendawa terus menerus bisa disebabkan oleh banyak hal. Secara umum orang yang tak bisa berhenti sendawa itu disebabkan oleh sejumlah gangguan kesehatan ini. Selengkapnya, yuk langsung kita ikuti infonya di bawah ini.

Aerofagia

Seperti yang dikutip oleh newhealthadvisor.com, aerofagia (telan angin) merupakan salah satu penyebab paling umum seseorang tak bisa berhenti sendawa. Sebagai contoh, saat kamu minum minuman bersoda atau makan terlalu cepat, udara akan dengan mudahnya ikut tertelan. Kondisi ini juga bisa terjadi kalau kamu minum dengan menggunakan sedotan.

Untuk mencegah gangguan ini, kita perlu mengunyah makanan pelan-pelan atau mengunyah dengan mulut tertutup. Dengan begitu, tak banyak udara yang tertelan dan bisa mencegah terjadinya sendawa.

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa menyebabkan sendawa berlebihan. Mengonsumsi makanan berlemak pun bisa membuat sistem pencernaan terganggu dan menyebabkan sendawa terus menerus. Sejumlah gangguan pencernaan inilah yang kerap membuatmu tak bisa berhenti bersendawa.

 

  • Irritable Bowel Syndrome (Sindrom Usus Rengsa)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan gangguan usus, yang menyebabkan perut sakit, kram atau kembung, dan diare atau sembelit. Gangguan ini bisa membuatmu susah berhenti sendawa. Untuk mengatasi gangguan ini, biasanya kamu harus menjalani diet yang ketat dengan menghindari makanan berlemak.

 

  • Gastroparesis

Apa itu gastroparesis? Ini adalah suatu kondisi dimana otot-otot di perut tidak berfungsi secara normal. Biasanya terjadi karena makanan tak bisa melewati usus dengan cukup cepat. Otot-otot dinding perut lemah dan makanan pun akhirnya terjebak di dalam perut dan tak bisa melewati sistem pencernaan.

Kanker Lambung

Kanker lambung bisa menyebabkan gangguan perut, gejalanya antara lain muntah-muntah, sakit perut, mual, dan sendawa terus menerus. Kalau dirasa sendawa yang kamu rasakan tak normal, segera hubungi dokter, ya.

Sendawa terus menerus juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Sejumlah makanan seperti bawang bombay, kacang-kacangan, dan kecambah bisa membuatmu susah berhenti sendawa. Makan cokelat dan makanan yang terlalu asam pun bisa menyebabkan masalah sendawa.

Salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gangguan sendawa yang terus menerus adalah dengan minum teh herbal. Bisa dengan minum teh mint atau minum air hangat yang sudah diberi cengkeh.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading