Sukses

Beauty

Sehabis Olahraga, Penting Untuk Segera Melakukan Hal-Hal Ini

Ladies, tahu nggak kegiatan yang kita lakukan setelah olahraga itu sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri? Agar manfaat olahraga tidak sia-sia, kita perlu mengetahui kegiatan apa yang sebaiknya dilakukan dan tak dilakukan setelah olahraga. Nggak mau kan niat olahraga yang tadinya untuk sehat jadi terbuang percuma hanya karena kita mengabaikan hal-hal penting yang menyertai olahraga itu sendiri.

Setelah olahraga, penting sekali untuk melakukan pendinginan. Tujuan dari pendinginan itu untuk mengembalikan detak jantung dan tekanan darah kembali normal. Seperti yang dilansir oleh brit.co, meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan peregangan bisa membuat otot kembali seperti semula. Dan bisa memaksimalkan manfaat olahraga yang kita lakukan. Tak hanya itu, peregangan juga bisa mencegah kram otot dan pegal-pegal.

Nah, sekarang yuk kita bahas lebih lanjut hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah olahraga.

Ngemil Sedikit

Sejam setelah olahraga, perlu juga untuk ngemil sedikit. Konsumsi makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan protein. Kenapa malah dianjurkan untuk ngemil? Tak lain karena tubuh butuh energi untuk memperbaiki dan mengembalikan sel-sel tubuh.

Minum Air Putih

Penting sekali untuk minum air putih sehabis olahraga. Tujuannya adalah agar terhindar dari dehidrasi. Dan fungsi tubuh bisa kembali berjalan normal. Setidaknya minum dua hingga tiga gelas setelah olahraga, ya Ladies.

Bagaimana dengan minuman pengembali energi (sports drink) yang banyak dijual di pasaran? Well,pilihan terbaik dan paling aman memang air putih atau air kelapa. Kalau kamu melakukan olahraga berat, baru bisa minum minuman penambah energi. Tapi tetap harus hati-hati dengan kandungan gula dan kalori berlebihnya yang kurang baik untuk tubuh.

Mencuci Tangan

Sehabis olahraga, jangan menggosok mata dan menyentuh wajah dengan tangan. Cuci dulu tanganmu, bersihkan wajah dengan handuk kering. Jangan sampai setelah olahraga, kamu malah menyebarkan bakteri di area wajah karena tak mencuci tangan.

Ganti Baju

Setelah olahraga, tubuh pastinya akan berkeringat. Meski baju olahraga itu paling nyaman dipakai, jangan terlalu lama pakai baju yang sudah terkena keringat tersebut. Setelah selesai olahraga dan keringat sudah mengering, segera mandi dan ganti dengan baju yang bersih.

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan olahraga adalah jangan tidur terlalu larut. Tidurlah cukup di malam harinya, sekitar 8 jam. Supaya manfaat olahraga yang kamu lakukan bisa maksimal. Serta tubuh bisa cepat pulih dan otot-otot makin kuat.

Olahraga perlu dilakukan secara rutin. Tak hanya itu, penting juga untuk memperhatikan hal-hal sebaiknya dilakukan setelah olahraga untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Semoga info di atas bermanfaat, Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading