Sukses

Beauty

Awas, Stres Bisa Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh & Sebabkan Flu

Setiap orang pasti memiliki sebuah masalah dalam hidupnya. Baik itu masalah yang cukup ringan, atau masalah yang sangat berat dan membuat isi kepala serasa akan pecah. Ketika masalah menimpa, pastikan untuk senantiasa tenang dan berpikir lebih fokus. Jangan sampai, datangnya masalah membuat kamu merasa stres hingga depresi berkepanjangan. Stres dan depresi justru akan membuat suasana hatimu semakin buruk. Stres juga akan membuat masalah yang ada terasa semakin berat dan memusingkan kepala.

Para ahli mengungkapkan jika stres yang berlebihan sangat tidak baik buat kesehatan. Mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan psikis. Sebelumnya, para ahli mengungkapkan jika perasaan stres justru akan membuat tubuh lebih mudah mengalami kegemukan atau obesitas. Dan dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli kembali menemukan temuan yang menyatakan bahwa stres bisa meningkatkan risiko menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh telah menurun, hal ini sangat memungkinkan membuat seseorang lebih mudah terserang flu, batuk berkepanjangan hingga masalah kesehatan lain yang lebih serius. Tapi umumnya, seseorang yang sedang stres berat dan dibarengi dengan cuaca yang kurang sehat, hal ini akan membuat seseorang tersebut sangat rentan terserang flu lebih dari 35 persen.

Seorang asisten profesor Antropologi dan Biologi, Jenny Tung di Duke University mengatakan, "Seorang yang sedang stres karena masalah yang dihadapi, sangat mungkin baginya untuk mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Ini juga sangat mungkin baginya menderita flu ringan hingga berat. Juga, ketika stres mereka ini disebabkan oleh masalah kemiskinan. Ini akan membuatnya lebih mudah mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Sikap kurang menerima dengan apa yang menimpanya bisa membuat seseorang stres berat hingga depresi. Ini bahkan meningkatkan risiko berbagai penyakit mudah sekali menyerang fisiknya."

Tak hanya menyebabkan flu, perasaan stres juga sangat memungkinkan seseorang mengalami masalah fisik berat seperti halnya risiko stroke hingga jantung. Ketika seseorang sedang mengalami masalah, para ahli sangat menyarankan agar ia senantiasa berpikir positif dan tenang. Sangat disarankan pula agar ia tidak berlarut-larut dalam kesedihan mendalam. Kesedihan dan stres mendalam dikatakan sangat tidak baik buat kesehatan.

So, seberat apapun masalah yang kamu hadapi, pastikan untuk senantiasa semangat dan jangan mudah stres apalagi depresi. Yakin saja, kamu pasti bisa melewati semuanya

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading