Sukses

Beauty

Sudah Istirahat Cukup Namun Masih Sering Lelah? Kenali Sebabnya

Pernah merasa badan terasa sangat lelah, malas dan kurang bersemangat? Padahal istirahat yang dilakukan sudah cukup. Sadar atau tidak, kita mungkin pernah mengalami kelelahan luar biasa sepanjang hari. Tak hanya lelah, kita pun terkadang menjadi kurang fokus, kurang nyaman dan kurang bahagia. Selain pekerjaan yang menumpuk dan daya tahan tubuh yang memang lelah, rasa lelah berlebih bisa disebabkan oleh banyak hal.

Dikutip dari laman boldsky.com, rasa lelah bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat, karena kurang istirahat atau karena kondisi fisik memang sedang drop. Tapi, ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab rasa lelah berlebih meski kita sudah memiliki istirahat cukup dan menjaga pola hidup. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut.

    Risiko Anemia

    Risiko anemia adalah penyebab utama dari rasa lelah berlebih. Seseorang yang sedang menderita anemia atau kekurangan darah, tubuhnya akan terasa lemas, kurang bersemangat dan lelah. Ini juga membuat pikiran jadi kurang fokus, detak jantung sangat cepat, kesulitan tidur dan sakit kepala.

    Risiko Diabetes

    Bagi para penderita diabetes umumnya akan mengalami rasa lelah sepanjang hari. Selain sering merasa lelah, risiko diabetes juga ditandai dengan perasaan yang sering haus, sering buang air kecil, penglihatan kabur, iritasi dan memar pada bagian tubuh tertentu dan kurang fokus. Jika kamu mengalami kondisi ini, disarankan agar kamu segera memeriksakan kadar glukosa dalam tubuhmu.

    Depresi

    Jika kamu tak ingin merasa sangat lelah sepanjang hari, usahakan agar kamu memiliki perasaan tenang dan bahagia. Rasa lelah berlebih bisa disebabkan oleh pikiran yang kurang nyaman, stres atau depresi. Selain menyebabkan lelah, depresi juga meningkatkan nafsu makan, meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya dan memungkinkan kamu merasa lemas, kurang semangat serta putus asa.

    Kekurangan Vitamin B12

    Saat tubuh kekurangan vitamin B12, ini menyebabkan rasa lelah berlebih di tubuh. VItamin B12 sangat penting dalam meningkatkan energi dalam tubuh. Untuk itu, memenuhi kebutuhan B12 demi dapatkan fisik yang selalu bugar, sehat dan psikis yang senantiasa semangat sangat perlu dilakukan. Makanan yang kaya Vitamin B12 antara lain adalah daging, telur, ikan dan sayuran hijau.


Ladies, itulah beberapa penyebab kenapa kamu sering merasa lelah padahal kamu sudah memiliki istirahat cukup. Agar tubuh kembali sehat dan tak mudah lelah, pastikan untuk menjaga pola hidup sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan pastikan untuk selalu bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading