Sukses

Beauty

Sudah Punya Waktu Tidur Cukup Tapi Tak Bisa Tidur, Apa Sebabnya?

Pada jam berapa kamu mulai untuk tidur saat malam? Apakah jam 9, jam 10 atau lebih dari itu? Berbicara mengenai tidur, para ahli mengungkapkan jika waktu tidur ideal setiap orang adalah selama 6 sampai 8 jam setiap harinya. Lebih atau kurang dari itu, memiliki banyak dampak buruk buat kesehatan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu tidur sehingga membuat mereka harus kekurangan tidur. Atau, beberapa orang yang sudah punya waktu tidur cukup tapi ternyata mereka tidak bisa tidur nyenyak saat malam. Dikutip dari laman mirror.co.uk, ada banyak hal yang menyebabkan seseorang tak bisa tidur nyenyak saat malam meski ia memiliki waktu tidur cukup. Apa kira-kira penyebabnya?

Nick Littlehales, seorang instruktur olahraga dan ahli kesehatan di Inggris mengatakan, "Banyak orang tak bisa tidur karena adanya cahaya lampu yang terlalu terang. Kebanyakan dari kita juga tak bisa tidur dan hanya membuka menutup mata saat malam karena kita merasa cemas, khawatir, depresi juga stres. Lingkungan yang kurang nyaman juga menjadi alasan kenapa seseorang bisa tetap terjaga saat malam meski ia telah berusaha keras untuk menutup mata atau tidur."

"Banyak orang memiliki waktu tidur cukup tapi tak bisa memanfaatkannya dengan baik. Kalau sudah begini, tentu ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebaliknya, tidak sedikit pula yang menghabiskan banyak waktunya untuk tidur. Tidur berlebihan bahkan memiliki dampak yang lebih buruk dan mengerikan buat kesehatan. Kedua kondisi ini umumnya disebabkan oleh satu hal. Yaitu perasaan cemas, khawatir dan tidak nyaman." Tambahnya.

Rasa lelah yang hebat juga diklaim sebagai penyebab kenapa kita tak bisa tidur meski kita punya waktu tidur cukup. Badan yang lelah sangat identik dengan nyeri di sekujur tubuh, kepala pusing dan perut mual. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, tentunya bukan hanya kualitas tidur yang terganggu. Lebih jauh, ini juga akan mengganggu performa fisik maupun psikis kita.

Agar kita bisa memiliki tidur berkualitas, sangat penting bagi kita semua untuk menjaga pola hidup sehat, membuat pikiran setenang dan senyaman mungkin serta membuat tempat tidur atau lingkungan kita senyaman mungkin. Para ahli juga menyarankan agar sebaiknya kita tidak konsumsi makanan atau minuman mengandung kafein setelah jam 2 sore, mencoba melakukan latihan pernafasan untuk menenangkan pikiran dan menghindari berbagai junk food serta minuman bersoda atau beralkohol.

Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa memiliki kualitas tidur yang cukup setiap harinya. Tak hanya tidur cukup, kita juga sangat penting untuk memiliki pola hidup sehat, olahraga serta konsumsi air putih cukup dan berkualitas setiap harinya

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading