Sukses

Beauty

Sering Mengalami Tanda Ini? Bisa Jadi Kamu Kelebihan Protein

Pada dasarnya, protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein juga menjadi asupan nutrisi yang penting dikonsumsi setiap hari agar tubuh senantiasa sehat, penuh energi dan terjaga. Namun, dikutip dari laman boldsky.com, konsumsi protein berlebih justru sangat membahayakan kondisi tubuh.

Tubuh yang kelebihan protein sangat memungkinkan mengalami berbagai masalah kesehatan. Konsumsi protein berlebih dan dilakukan dalam jangka waktu panjang, ini bisa meningkatkan risiko diabetes, jantung, stroke hingga kanker. Ada beberapa tanda yang bisa kita rasakan ketika tubuh mengalami kelebihan protein. Tanda tersebut antara lain sebagai berikut.

    Suasana Hati Buruk

    Kelebihan protein bisa menyebabkan suasana hati buruk, mudah marah dan kecewa. Ketika kamu sering merasakan perasaan ini sementara kamu tak pernah merasa ada orang yang membuatmu kecewa, bisa jadi selama ini kamu terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi protein tinggi secara berlebih.

    Kurang Fokus

    Beberapa orang yang kelebihan protein akan mengalami kondisi kurang konsentrasi, kurang fokus dan cenderung lambat saat berpikir. Para ahli menyebutkan jika kelebihan asupan protein bisa menyebabkan sel-sel di otak melemah dan bekerja kurang baik.

    Kentut Sangat Bau

    Asupan nutrisi protein yang berlebih menyebabkan kentut berbau tidak enak. Makanan berprotein tinggi yang tak bisa dicerna dengan baik, sangat berisiko menyebabkan asam lambung dan terbentuknya gas yang berbau tidak enak. Gas inilah yang nanti menjadi kentut dan berbau tidak enak. Selain kentut, keringat dan bau mulut pun juga tidak enak.

    Sembelit

    Ahli kesehatan mengungkapkan jika protein yang dikonsumsi secara berlebih mendorong risiko sembelit. Lebih mengerikan lagi, sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan baik ditambah sembelit bisa meningkatkan risiko masalah pencernaan yang lebih serius. Kalau kamu mengalami sembelit, usahakan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta mengurangi asupan protein.

    Rasa Lapar Terus Menerus

    Protein yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dan berlebih bisa membuat perut merasa lapar terus menerus. Tak hanya itu saja, kondisi ini bisa juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.


Ladies, itulah beberapa tanda ketika tubuh kamu terlalu berlebihan konsumsi protein. Agar tubuh sehat selalu dan jauh dari berbagai risiko penyakit, pastikan untuk senantiasa memiliki pola hidup sehat, olahraga cukup, istirahat cukup, minum air putih cukup dan perbanyak konsumsi sayur serta buah. Konsumsi protein juga lemak secukupnya saja. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading