Sukses

Beauty

3 Cara Hentikan Keinginan Makan Junk Food, Bahkan Jika Kamu Stres

Saat kamu lapar banget, paling enak memang makan makanan yang gurih dan asin. Tak hanya bikin kenyang, tapi juga memuaskan lidah. Begitu pula jika kamu sedang stres, pasti bawaannya pengen makan dan ngemil junk food, entah itu keripik, sosis, atau yang lainnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa mereka yang tidur hanya empat jam per malam punya kecenderungan makan makanan sampah (gurih dan manis) seperti gorengan, pizza, donat, keripik dan lainnya. Ini karena tingkat stres tubuh meningkat sehingga keinginan makan junk food pun meningkat.

Brooke Sheller, ahli nutrisi medis asal Integrative Wellness Group, menyarankan 3 cara ini agar kamu bisa berhenti menginginkan makan junk food.

Kenyangkan perut dengan Protein

Dibanding sarapan nasi goreng, lebih baik jika kamu makan telur rebus dan jus sayuran. Awali hari dengan asupan protein. Protein adalah penyelamat saat kelaparan maupun kelelahan. Siapkan malam harinya jika kamu sering buru-buru di pagi hari.

Makan lemak dan karbohidrat sehat

Siang hari saat makan siang, kamu bisa membawa bekal buah (jika kamu malas masak). Kamu juga pilih yang kaya lemak sehat seperti alpukat. Lemak sehat lainnya bisa dari ikan, daging dan kacang-kacangan. Makan karbohidrat sehat dan kaya serat dari sayuran.

Singkirkan kebiasaan buruk

Jangan terbiasa begadang, tidur cukup itu harus. Kurang tidur menyebabkan tingkat stres tinggi dan membuatmu semakin ingin ngemil. Pastikan tidur 7-8 jam per malam. Perbanyak juga minum air putih agar tubuh tetap segar.

Memang sulit menolak makanan gurih, tapi bukan berarti kamu tak bisa menghindari dan menghentikan keinginan makan makanan ini. Coba tiga cara yang disarankan ahli nutrisi di atas ya.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Terbaik Melampiaskan Emosi Secara Positif
Artikel Selanjutnya
Bisa Berdampak Positif, 5 Hal Ini Jaga Jantung Lebih Sehat