Sukses

Beauty

Mulut Terasa Pahit Saat Bangun Tidur, Normalkah?

Bangun tidur di pagi hari, kita ingin bisa langsung merasa segar dan bersemangat menyambut rutinitas yang baru. Tapi kadang malah jadi bad mood ketika merasakan rasa yang aneh di mulut. Mulut terasa pahit dan tidak enak sekali. Wah, kondisi seperti ini normal nggak ya?

Penyebab mulut terasa pahit di pagi hari itu bisa bermacam-macam. Dilansir dari mybeautiness.com, penyebabnya bisa karena gangguan atau masalah di saluran gastrointestinal. Saluran gastrointestinal ini adalah serangkaian organ muskular berongga yang dilapisi oleh membran mukosa (selaput lendir). Gangguan pada saluran tersebut bisa karena penyakit asam lambung atau naiknya asam lambung. Penyakit asam lambung ini kalau dibiarkan terus bisa menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti diabetes, batuk terus menerus, dan obesitas.

Penyebab lain mulut terasa pahit di pagi hari adalah karena sariawan atau infeksi mulut. Kondisi ini biasanya juga disertai dengan mulut yang terasa kering. Penting untuk selalu rutin gosok gigi dan juga minum cukup air putih untuk mengontrol perkembangan bakteri di dalam mulut. Karena kalau tak segera diatasi, bisa memunculkan masalah lain seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan penyakit periodontal (penyakit yang mengenai jaringan pendukung gigi).

Biasanya ibu hamil juga sering mengalami kondisi ini. Selain morning sickness, mulut biasanya akan terasa pahit ketika bangun di pagi hari. Kondisi ini tak perlu terlalu dikhawatirkan karena termasuk normal pada ibu hamil. Dalam kurun waktu beberapa bulan, kondisinya bisa pulih dengan sendirinya.

Kondisi stres atau konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan mulut terasa pahit di pagi hari. Selain perlu rutin gosok gigi dua kali sehari, batasi konsumsi makanan pedas dan gorengan. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan air putih untuk menstimulasi produksi air liur.

Kalau dirasa mulai mengkhawatirkan atau kamu mulai merasa tidak nyaman dengan mulut yang terasa pahit di pagi hari, segera konsultasi ke dokter ya Ladies. Agar bisa mendapat penanganan dan pengobatan yang tepat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading