Sukses

Beauty

Punya Hobi Membaca Manfaatnya Mengagumkan, Cari Tahu Yuk!

Dalam sehari, selain membaca status teman di sosial media, apakah kamu memiliki kebiasaan untuk membaca buku atau berita dan segala informasi lainnya di media online maupun media cetak? Bagi beberapa orang, aktivitas membaca adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Tapi, bagi beberapa lainnya, aktivitas membaca sering kali dianggap sebagai aktivitas yang membosankan.

Penting untuk kita tahu, membaca sebenarnya merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dan bermanfaat lho. Dikutip dari laman boldsky.com, punya kebiasaan membaca bisa membuat otak senantiasa terasah, pikiran jadi lebih fokus dan otak berpikir lebih cepat. Membaca bisa menjamin otak agar senantiasa memiliki kemampuan yang tajam. Menariknya lagi, membaca sebelum tidur bahkan bisa membuat tidurmu jadi makin nyenyak.

Membaca sangat bermanfaat bahkan jika itu hanya dilakukan selama 1 menit setiap harinya/copyright pexels.com

Ada beberapa manfaat mengagumkan dari membaca. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Mengasah Kemampuan Otak
Manfaat pertama dari membaca adalah mengasah kemampuan otak. Membaca juga sebagai sarana untuk menambah wawasan serta pengetahuan. Para ahli mengungkapkan jika membaca bisa merangsang segala saraf otak untuk bekerja lebih baik dan mengesankan.

Bikin Bahagia
Sadar atau tidak, membaca bisa bikin kamu bahagia. Dengan mengetahui pengetahuan baru, secara tidak langsung perasaan akan bahagia, lega dan nyaman. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang-orang yang punya hobi membaca lebih bisa menekan emosinya, lebih puas dengan kehidupannya dan lebih nyaman dengan dunianya. Orang-orang ini bahkan bisa merasa lebih sabar dan tidak mudah gegabah.

Mencegah Alzheimer
Karena bermanfaat untuk mengasah dan merangsang kemampuan otak, tidak heran jika membaca bisa membuat otak awet sehat. Otak yang awet sehat akan terhindar dari risiko alzheimer, hilang ingatan hingga gagal fokus. Orang-orang yang memiliki hobi membaca juga lebih mungkin terhindar dari stres, Depresi atau pun gangguan otak lainnya yang memicu alzheimer.

Membaca tak harus buku, koran atau majalah cetak saja, tetapi juga bisa lewat gadget/copyright pexels.com

Meningkatkan Konsentrasi
Jika kamu ingin menjadi pribadi yang penuh konsentrasi, usahakan agar memiliki kebiasaan membaca sedikitnya 10 menit setiap hari. Orang-orang yang gemar membaca dan bisa menikmatinya dengan baik, ia akan memiliki daya ingat tinggi, tingkat konsentrasi mengesankan dan tingkat kefokusan yang memuaskan.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Punya hobi membaca sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Ini juga sangat memungkinkan membantu kamu tidur lebih cepat dan nyenyak. Tak harus membaca lewat buku, koran, majalah atau media cetak lainnya, membaca juga bisa dilakukan lewat gadget karena sekarang ada beragam bahan bacaan di dunia maya.

Ladies, itulah beberapa manfaat mengagumkan membaca buat kesehatan fisik maupun psikis. Well, masih malas untuk memiliki kebiasaan baik membaca? Sangat sayang rasanya jika kamu masih malas padahal manfaat membaca sangatlah besar. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
What's On Fimela
Loading