Sukses

Beauty

5 Tanda Kamu Memakai Pelembap yang Salah

Pemilihan dan penggunaan pelembap wajah harus disesuaikan dengan jenis atau tipe kulit. Bagaimana pun, pelembap memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit agar tidak kering. Cuma memang kadang agak susah menemukan pelembap yang pas dengan jenis kulit kita.

Sekarang yuk coba kita cek apakah pelembap yang kita pakai sekarang sudah tepat. Kalau pelembap yang kamu pakai memberikan tanda-tanda ini, saatnya untuk segera menggantinya.

Kulit Jadi Sangat Berminyak
Seperti yang dilansir oleh womenshealthmag.com, pelembap seharusnya menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik tanpa menjadikannya berminyak. Kalau kamu punya jenis kulit berminyak, hindari pelembap yang memiliki kandungan minyak. Sebisa mungkin cari pelembap yang berbahan dasar air atau yang mengandung lycerine, dimethicone, dan niacinamide.

Perhatikan pelembap yang kamu gunakan./Copyright thinkstockphotos.com

Makin Banyak Jerawat yang Muncul
Pelembap yang malah menyebabkan jerawat harus segera dihentikan penggunaannya. Apalagi kalau kulitmu termasuk jenis yang gampang jerawatan, untuk amannya cari pelembap yang berbahan salicylic acid dan retinol. Selain itu, cari pelembap dengan keterangan non-comedogenic dan non-acnegenic, ya.

Menimbulkan Bercak Kering
Sudah pakai pelembap, tapi sebagian permukaan kulit wajah masih terasa kering? Saatnya untuk mencari pelembap yang baru. Coba cari pelembap yang mengandung ceramide atau hyaluronic acid yang diyakini bisa bantu menjaga kelembapan kulit tanpa menimbulkan bercak kering.

Pilih jenis pelembap yang cocok untuk kulitmu./Copyright thinkstockphotos.com

Kulit Kemerahan atau Iritasi
Kalau kulitmu super sensitif, kamu harus lebih hati-hati dan jeli lagi ketika memilih dan menggunakan pelembap. Apalagi kalau muncul reaksi kemerahan atau iritasi pada kulit, segera ganti pelembap yang kamu gunakan. Pilih jenis pelembap yang bebas parfum (fragrance-free) dan tidak mengandung glycolic acid.

Muncul Bintik-Bintik pada Kulit
Bintik-bintik pada kulit bisa muncul karena paparan sinar matahari. Tapi ketika kamu baru menggunakan sebuah pelembap lalu tak lama kemudian malah muncul bintik-bintik pada kulit, segera ganti pelembapmu, ladies. Untuk mendapat perlindungan ekstra dari paparan sinar matahari langsung, coba cari pelembap yang mengandung retinol, Vitamin C, glycolic acid, CoQ10, atau peptides.

Memilih pelembap yang tepat bisa gampang-gampang susah. Kadang kita sampai harus berulang kali ganti jenis pelembap karena reaksi yang membuat kulit wajah terganggu. Tapi kalau sudah ketemu jenis pelembap yang cocok, jangan sering gonta-ganti pelembap lagi, ya ladies.

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading