Sukses

Beauty

Atasi Serangan Asma

Kadang, ketika seorang penderita asma sudah minum obat asma secara teratur dan menghindari segala hal yang bisa menyebabkan asmapun, anda tidak akan bisa menghindari serangan asma yang datang secara tiba-tiba.

Asma merupakan penyakit yang bisa diderita oleh orang dewasa atau anak-anak dan tidak jarang penderita asma akan mengalami panik ketika mengalami serangan asma yang datang tiba-tiba.

Hal ini tentu sangat berbahaya. Penderita asma harus mengenali penyakitanya dan mempersiapkan diri jika asma menyerang.

Berikut ini adalah beberapa panduan mengenai apa yang harus dilakukan pertama kali ketika mengalami serangan asma yang tiba-tiba seperti yang dilansir oleh asthma.org.uk:

1.    Hirup reliever inhaler

Bagi pengidap asma, baik halnya untuk selalu membawa reliever inhaler kemanapun anda pergi karena ini merupakan alat yang praktis sebagai pertolongan pertama pada serangan asma.

2.    Duduk dan atur nafas

Setelah menghirup reliever inhaler, segeralah duduk dan cobalah untuk bernafas secara pelan dan teratur.

3.    Hirup reliever inhaler 2 menit sekali

Jika anda masih belum merasa lebih baik setelah melakukan poin kesatu dan kedua, hirup reliever inhaler dua menit sekali, anda bisa mengulanginya sampai 10 kali hirupan.

4.    Jika anda tidak merasa lebih baik setelah melakukan semua poin diatas segera panggil ambulan.

5.    Jika setelah 1 menit ambulan belum datang, anda bisa mengulangi poin ketiga.

Serangan asma bisa sangat menyiksa. Sangat baik untuk penderita asma untuk mengenali asma dan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika asma menyerang agar terhindar dari kepanikan.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading