Sukses

Beauty

Mitos dan Fakta Seputar Diet dan Diabetes

Wah, banyak yang termakan mitos sepertinya. Diabetes memang merupakan penyakit dengan kadar gula yang tinggi, namun bukan berarti untuk menyembuhkannya justru tidak memerlukan gula sama sekali. Berikut disajikan beberapa mitos dan fakta yang beredar tentang diabetes sesuai yang dikutip dari helpguide.org, dan cermati apakah Anda menyadarinya.

Mitos: Hindari mengkonsumsi gula
Fakta: Kabar baik bagi Anda makanan-makanan favorit Anda asal Anda sudah merencanakannya dengan matang. Makanan yang manis-manis, biasanya makanan penutup, bukanlah masalah besar jika tidak melampaui batas dan selagi makanan itu termasuk dalam plan makanan sehat Anda serta tak lupa menyeimbangkannya dengan olahraga yang cukup.

Mitos: Makanan berprotein tinggi = makanan terbaik.
Fakta: Banyak penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak protein, terutama protein hewani malah akan menyebabkan perlawanan insulin, faktor utama dari penyakit diabetes. Makanan yang baik untuk tubuh yang terkena diabetes harus mengandung protein, karbohidrat, dan lemak, namun tetap dengan kalkulasi yang seimbang.

Mitos: Konsumsi makanan berkarbohidrat sedikit saja.
Fakta: Kunci utamanya tetap pada pola makan yang seimbang. Sebaliknya, makanan dengan karbohidrat, seperti jagung dan nasi sangatlah penting karena semuanya merupakan sumber makanan serta serat yang baik sehingga kadar gula dalam darah semakin seimbang.

Mitos: Sejak Anda divonis menderita diabetes, makanan untuk Anda ya hanya makanan untuk diabetes.
Fakta: Untuk ketiga kalinya prinsipnya diulang, yakni tentang proporsi makanan Anda agar dapat mencegah atau mengontrol diabetes. Harga makanan diabetes yang melambung tinggi justru tidak terlalu membawa manfaat, tetaplah nikmati makanan Anda di rumah bersama keluarga dengan takaran yang pas sesuai saran dokter Anda.

Bagaimana, Moms? Jika masih ragu, segera konsultasikan dengan dokter Anda dan buatlah tabel makanan yang telah diukur serta dipertimbangkan kandungannya, dan sadarilah bahwa dunia Anda tetaplah indah meski telah terkena diabetes.

Oleh: Kamilah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading