Sukses

Beauty

Cara Natural untuk Mengatasi Jerawat di Punggung

Fimela.com, Jakarta Jerawat punggung adalah masalah kulit yang tidak menyenangkan. Seseorang dengan masalah jerawat punggung cenderung tidak percaya diri untuk mengenakan busana terbuka, benar?

Sama halnya dengan jenis jerawat yang lain, jerawat punggung terjadi karena akar rambut di bawah kulit tersumbat. Kelebihan produksi minyak, penumpukan bakteri, dan peradangan kelenjar penghasil minyak juga dapat berperan dalam pembentukan jerawat di punggung.

Jangan khawatir. Dilansir dari verywellhealth.com, Kamis (20/12/2018), berikut ini adalah beberapa cara natural untuk mengatasi jerawat punggung, sudah pernah coba?

1. Minyak pohon teh

Studi menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat membantu membunuh bakteri di kulit yang membantu pembentukan jerawat. Carilah produk sabun yang mengandung minyak pohon teh untuk meringankan masalah jerawat punggung.

2. Eksfoliator alami

Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit, mencegah pori-pori tersumbat. Campurkan gula cokelat dan madu mentah dengan bagian yang sama, serta gunakan sikat kering untuk mengaplikasikannya di tubuh.

Hindari eksfoliasi di area tubuh yang berjerawat untuk menghindari peradangan dan iritasi tambahan. Sudah pernah coba?

3. Makanan rendah glikemik

Makanan dengan kandungan glikemik yang tinggi dapat membuat tubuh lebih mudah berjerawat. Untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, cobalah melakukan diet dengan kandungan glikemik yang rendah, seperti mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

4. Emolien botani

Karena krim dan minyak tubuh yang mengandung minyak mineral, lanolin sintetis, dan mentega kakao dapat memperburuk jerawat, cobalah menghidrasi kulit tubuh dengan produk yang berasal dari tumbuhan bebas minyak, seperti gel lidah buaya. Atau juga dapat menggunakan produk yang tidak menyumbat pori-pori yang pada akhirnya menyebabkan munculnya jerawat, seperti minyak argan, shea butter, dan minyak buckthorn laut.

 

Mengonsumsi makanan anti inflamasi

5. Makanan anti inflamasi

Karena peradangan dan jerawat erat kaitannya dengan makanan, maka cobalah lakukan diet dengan makanan yang memiliki fungsi anti peradangan, seperti beri, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat mengurangi risiko munculnya jerawat.

6. Mengurangi asupan susu

Mengurangi asupan susu dapat mencegah munculnya jerawat punggung. Penelitian menunjukkan bahwa androgen dan hormon pertumbuhan yang dapat merangsang perkembangan jerawat ditemukan dalam produk susu.

7. Mempelajari manajemen stres

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Dermatology pada tahun 2003 membuktikan bahwa jerawat berkaitan dengan stres. Untuk mengurangi jerawat, cobalah mempelajari manajemen stres.

8. Makanan kaya seng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seng dapat membantu menjinakkan peradangan yang terkait dengan jerawat dan membatasi produksi minyak di kulit. Tingkatkan asupan seng dengan mengonsumsi makanan, seperti biji gandum, tiram, biji labu, dan bayam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading