Sukses

Beauty

Tips Menghilangkan Mata Panda dengan Es Batu

Fimela.com, Jakarta Mata panda sering terjadi pada pria, maupun perempuan. Mata panda seringkali disertai dengan lingkaran hitam yang bisa membuatmu terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Lebih buruk lagi, mata panda sulit dihilangkan. Walaupun dapat terjadi pada siapa saja, mata panda seringkali dimiliki oleh orang yang sudah tua dan pemilik warna kulit yang lebih gelap.

Kelelahan sering menjadi faktor utama dari terjadinya mata panda, namun ada sejumlah penyebab lain yang berkontribusi, seperti dilansir dari healthline.com. Penasaran apa saja?

1. Kelelahan

Tidur berlebihan dan kelelahan ekstrem bisa menyebabkan mata panda. Kurang tidur bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan pucat, memungkinkan jaringan gelap dan pembulih darah di bawah kulit terlihat.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata, menyebabkannya tampak bengkak. Jadi, lingkaran hitam yang kamu lihat sebenarnya adalah bayangan dari kelopak mata yang bengkak.

2. Usia

Penuaan alami adalah penyebab umum lain dari mata panda. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis, kamu kehilangan lemak dan kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit. Saat ini terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulit menjadi lebih terlihat, yang menyebabkan area di bawah mata menjadi gelap.

 

 

3. Ketegangan mata

Menatap layar televisi atau komputer bisa menyebabkan ketegangan yang sifnifikan pada mata. Ketegangan ini bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar dan kulit menggelap.

4. Alergi

Reaksi alergi dan mata kering bisa memicu mata panda. Saat kamu memiliki reaksi alergi, tubuh melepaskan histamin sebagai respon terhadap bakteri berbahaya.

Selain menyebabkan gejala tidak nyaman, termasuk gatal, kemerahan, dan mata bengkak, histamin juga menyebabkan pembuluh darah melebar dan menjadi lebih terlihat di bawah kulit. Alergi juga bisa meningkatkan keinginan untuk menggosok dan menggaruk kulit yang gatal di sekitar mata, ini bisa memperburuk gejala, menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan pembuluh darah pecah, serta bayangan gelap di bawah mata.

5. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum mata panda. Saat tubuh tidak menerima jumlah air yang tepat, kulit di bawah mata mulai terlihat kusam dan cekung karena kedekatannya dengan tulang di bawahnya.

6. Paparan sinar matahari yang berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh memproduksi melanin berlebih, pigmen yang memberi warna pada kulit. Terlalu banyak sinar matahari, terutama untuk mata bisa menyebabkan pigmentasi pada kulit di sekitarnya dan menjadi lebih gelap.

7. Genetika

Riwayat keluarga juga berperan dalam mengembangkan mata panda. Ini bisa menjadi bawaan yang terlihat sejak awal masa kanak-kanan, serta memburuk seiring bertambahnya usia atau perlahan menghilang.

Perawatan untuk menghilangkan mata panda sebenarnya tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa membantu, salah satunya adalah dengan es batu.

Mengaplikasikan kompres dingin. Kompres dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

Cara ini juga bisa mengurangi munculnya bengkak dan membantu menghilangkan mata panda. Caranya, bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih dan aplikasikan ke mata.

Atau basahi waslap dengan air dingin dan aplikasikan ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk mendapatkan efek yang sama. Ulangi proses ini saat kain telah menjadi hangat atau es mencair.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Gejala Long Covid pada Anak yang Sering Ditemukan Para Dokter
Artikel Selanjutnya
Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Mencampur Vaksin COVID-19