Sukses

Beauty

4 Rutinitas Makeup yang Bisa Membahayakan Kesehatan Mata

Fimela.com, Jakarta Rutinitas kecantikan seperti makeup tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Karena makeup membuat penampilan kita lebih sempurna dan jauh lebih percaya diri.

Namun, ada beberapa rutinitas penggunaan makeup yang berbahaya untuk kesehatan. Tidak hanya menimbulkan masalah kulit, kebiasaan-kebiasaan ini juga berpotensi menimbulkan infeksi pada mata.

Secara lebih lanjut, dikutip dari Livestrong, berikut ini 4 rutinitas makeup yang bisa membahayakan kesehatan mata menurut ahli dermatologis.

1. Tidak menghapus makeup sebelum tidur

Tidak hanya sisa maskara yang akan mengotori sarung bantal, tetapi kebiasaan meninggalkan makeup saat tidur dapat membuat mata dan wajah mengalami iritasi. "Bakteri, debu, alergen, dan riasan yang tertinggal dapat menyebabkan infeksi, bintitan, kemerahan, kekeringan, dan ketegangan mata," kata ahli dermatologis Ashley Brissette.

Oleh karena itu, selalu bersihkan riasan sebelum tidur. Bahkan jika kamu tidak memakai makeup, kamu tetap membutuhkan rejimen pembersihan area mata yang baik. "Cucilah kelopak mata dan bulu matamu setiap hari. Semua orang tahu untuk menyikat gigi setiap hari, tetapi tidak semua orang tahu kamu harus mencuci di sekitar matamu," lanjut Brissette.

Daripada menggunakan pembersih wajah yang keras pada area mata, Brissette merekomendasikan penggunaan sampo bayi yang lembut. "Oleskan pembersih ke kapas atau jarimu dan usap dengan lembut tutup mata dan bilas.”

2. Berbagi makeup dengan teman

Kebiasaan meminjamkan atau meminjam maskara teman sebaiknya harus dihindari. Sebab, Brisette mengatakan hal ini adalah cara mudah untuk memindahkan bakteri dan kotoran lainnya langsung ke mata kamu sendiri. "Jangan pernah berbagi riasan mata dengan orang lain," kata Brissette.

Selain itu menurut FDA, menggunakan produk testimonial di toko kecantikan juga berbahaya karena memiliki banyak bakteri akibat campur tangan orang lain.

3. Memakai ekstensi bulu mata

Untuk acara besar sesekali tidak masalah, ekstensi bulu mata adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penampilanmu. Namun jika digunakan terlalu sering, ekstensi bulu mata dapat membahayakan kesehatan matamu.

"Ekstensi bulu mata dapat menyulitkan pembersihan di bulu mata dan di sekitar kelopak mata, yang dapat menyebabkan infeksi," kata Brissette. Hal ini dikarenakan bulu mata sintetis dan lem dapat menyebabkan reaksi kelopak mata.

4. Tidak mencuci tangan

Berdasarkan data dari WHO, tangan mengandung bakteri sebanyak 39.000-460.000 CFU per sentimeter kubik, yang berpotensi tinggi menyebabkan penyakit infeksi menular. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan makeup sangat disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Mencuci tangan tidak hanya mencegah masalah kesehatan mata, tetapi juga masalah kulit seperti iritasi, jerawat, ruam, dan lain sebagainya akibat bakteri.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Makeup Tahan Lama, Jadikan Es Batu sebagai Primer
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Penting Face Concealer, Produk yang Wajib Ada di Tas Makeup