Sukses

Beauty

4 Hal yang Akan Terjadi Pada Kulit Wajah Jika Lupa Mencuci Muka Sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Mencuci muka adalah salah satu bagian terpenting dalam step skincare kita. Namun terkadang, beberapa orang melupakan step ini, ketika sudah melewati hari yang panjang, dan lebih memilih untuk langsung bersiap-siap istirahat dan tidur.

Dokter kulit sekaligus pendiri dari Brown Skin Derm, dr. Adeline Kikam dikutip dari marthastewart.com, menjelaskan bahwa tidak mencuci muka di malam hari memang tidak akan merusak kulit sepenuhnya, namun merupakan awal dari kebiasaan buruk yang nantinya menyebabkan serangkaian hasil buruk pada kesehatan kulitmu. 

Mungkin masih banyak orang belum menyadari arti penting dari membersihkan wajah dan mencuci muka sebelum tidur. Namun, apa sebenarnya yang terjadi pada kulit wajah jika kamu lupa mencuci muka saat malam hari? 

Dilansir dari blushin.com dan revivalabs.com, para dermatologist mengatakan bahwa terdapat 4 hal yang akan terjadi pada kulitmu ketika kamu lupa mencuci muka sebelum tidur. Simak penjelasan berikut.

Kulit kering dan dermatitis

Kulit wajah yang jarang dicuci terutama setelah berkegiatan selama seharian penuh akan menyebabkan peradangan dan jerawat, kekeringan, bahkan eksim. Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Tess Mauricio, seorang certified dermatologist dilansir dari marthastewart.com

Dengan membersihkan wajah kita setiap hari, maka penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan akan lebih mudah dicegah, dan mengurangi risiko kulit kusam dan berminyak serta infeksi kulit.

Penyumbatan pori-pori dan menyebabkan jerawat

Meskipun lupa untuk mencuci selama satu malam tidak mungkin menyebabkan kerusakan permanen pada kulitmu, namun hanya butuh waktu satu malam saja untuk menyumbat pori-pori dan akhirnya berakibat pada munculnya jerawat pada wajahmu. 

Selain itu, makeup yang tertinggal pada kulit semalaman dapat membuat kulit kesulitan untuk ‘bernapas’, dan juga dapat menghambat proses perbaikan dan regenerasi kulit saat kamu tidur. 

Tidak hanya ketika kamu menggunakan makeup, kulitmu sudah terpapar banyak minyak dan polusi udara yang menumpuk di kulit dalam sehari, sehingga hal inilah yang menyebabkan penyumbatan pori-pori. 

Hal ini akan menyebabkan efek oklusif yang artinya terdapat ‘penghalang’ pada kulit wajahmu. Penghalang ini tidak hanya akan menahan kotoran, minyak, bakteri, dan iritasi lainnya, namun juga mencegah pelembap yang kamu gunakan untuk skincare sulit untuk meresap ke dalam kulit.

Penuaan dini

Dalam kehidupan sehari-hari, kulitmu akan diserang oleh radikal bebas secara terus menerus. Radikal bebas inilah yang dapat ‘tertimbun’ pada kulit, terutama saat menggunakan makeup, dan dapat menyebabkan stres oksidatif, yakni kondisi ketika tubuh tidak mampu melawan radikal bebas. 

Ketika kulitmu tidak diberi kesempatan untuk melawan radikal bebas ini, maka kolagen yang ada pada tubuhmu dapat rusak. Hal inilah yang menyebabkan garis-garis halus dan kerutan, sehingga membuat kulitmu menjadi berkerut dan terlihat lebih tua dari umur aslinya.

Kulit sulit untuk memulihkan dirinya sendiri

Jika kamu lupa mencuci muka di malam hari, maka kulitmu yang sedang mengalami peradangan tidak akan bisa sembuh dengan sendirinya. Pada malam hari, kulit akan melakukan tugas perbaikan dan memiliki sifat mengisi ulang dirinya sendiri ketika kamu tidur. 

Hal inilah yang memungkinkan kulit untuk mengeksfoliasi dirinya sendiri dan membuat sel-sel kulit mati terkelupas dengan sendirinya.

Maka dari itu, dengan tidak mencuci muka di malam hari, maka itu akan menghambat proses penyembuhan alami kulitmu sendiri. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mengaplikasikan Toner dengan Benar agar Kulit Wajah Lebih Sehat dan Ternutrisi
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Wajah Bengkak secara Tiba-tiba saat Bangun Tidur yang Perlu Diwaspadai