Sukses

Beauty

Botol Sampo Pakai Ulang Berikan Ragam Keuntungan bagi Industri Perawatan Rambut di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik pada produk perawatan tubuh, seperti botol sampo. Konsumen Indonesia pun mengambil sebuah tindakan nyata dengan membeli paket sampo alternatif yang menawarkan sistem pakai ulang.

Bekerja sama dengan Koinpack, P&G menjalankan uji coba untuk Pantene dengan kemasan botol sampo yang dapat dipakai secara berulang.  Botol dengan sistem pakai ulang tersebut kini sudah tersedia di warung-warung, Bank Sampah di Jakarta, botol tersebut juga dapat ditemukan di distributor.

Untuk memastikan bahwa botol pakai ulang tersebut oleh para konsumen dan tetap beredar, Koinpack memastikan bahwa para pemilik toko hanya cukup memindai botol dengan kode QR khusus. Nantinya, Koinpack secara berkala akan mengambil botol dari setiap titik penjualan, membersihkan dan mendistribusikan botol tersebut untuk dipakai ulang.

Para pelanggan juga dianjurkan untuk mengembalikan botol dan akan mendapatkan diskon untuk pembelian produk selanjutnya. Adapun setiap botol sampo yang dikembalikan setara dengan 14 sachet sampo sekali pakai yang biasanya berpotensi hanya menjadi sampah di lautan.

 

Lebih ekonomis

Awal tahun ini, uji coba yang telah dilakukan atas Inisiatif dari Koinpack terbukti sukses. Para konsumen lebih memilih untuk membeli kemasan botol dengan sistem kemasan pakai ulang ketimbang sampo dengan kemasan sachet. Para pemilik usaha juga tidak terkendala saat melakukan langkah pemindaian kode QR, yang di mana langkah tersebut dibutuhkan untuk keperluan pengembalian botol.

Adapun setelah botol kemasan pakai ulang terkumpul dan dibersihkan, botol akan kembali diisi dengan produk dan dijual kembali kepada para pemilik usaha. Sistem ini dinilai efektif untuk para pemilik usaha dan konsumen, baik dari segi biaya maupun keuntungan.

Konsumen juga menghemat Rp1.250 untuk pembelian produk selanjutnya karena telah  mengembalikan botol yang sudah digunakan.

Bintang, selaku Direktur Bisnis Koinpack memaparkan “Setiap konsumen yang melakukan pengembalian botol, sudah dapat dipastikan mereka telah melakukan penghematan dari segi harga. Mereka juga senang karena dapat mengontrol pengeluaran untuk produk yang mereka biasa beli dan tentunya mendapatkan kemudahan karena kemasan botol yang tidak mudah tumpah seperti sachet”.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading