Sukses

Beauty

Kulit Sehat dan Awet Muda dengan Konsumsi 5 Superfood Ini Setiap Harinya

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit kita juga ikut menurun. Penuaan dini menjadi salah satu akibat dari perubahan kondisi tubuh. Meskipun tidak dapat dihindari, terdapat beberapa cara untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat dan awet muda.

Dikutip dari hellosehat.com, bertambahnya usia akan mengakibatkan beberapa perubahan pada bagian tubuh. Hal ini pun berpengaruh kepada penampilan kita. Menurunnya fungsi organ-organ tubuh akan memberikan efek samping pada kulit kita. Kurangnya antioksidan dalam tubuh dapat menyebabkan kulit nampak lebih kusam dan berkeriput.

Mengonsumsi makanan sehat pun menjadi kunci penting untuk menjaga kesehatan, bukan hanya untuk tubuh, tetapi untuk penampilan kita. Kulit yang sehat dapat diperoleh dari konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti protein, lemak sehat, vitamin serta mineral. Asupan ini akan meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat serta awet muda, terdapat beberapa makanan sehat yang wajib ada di menu makananmu setiap harinya. Berikut 5 superfood yang kaya akan nutrisi baik bagi kulit. 

Alpukat

Buah yang satu ini dikenal dengan manfaatnya yang kaya untuk kesehatan. Alpukat memiliki kandungan lemak baik yang sehat dan aman bagi tubuh.

Dikutip dari alodokter.com, buah alpukat memiliki kandungan tinggi akan vitamin A, vitamin C, lemak sehat dan serat. Tak hanya itu senyawa unik dalam alpukat dapat membantumu untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari serta memperbaiki kulit rusak.

Alpukat juga dikenal dengan kehebatannya sebagai antioksidan. Mengandung lutein dan zeaxanthin, alpukat dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit, sehingga kulit akan tetap kencang dan terhindar dari efek penuaan.

Tomat

Tomat dikenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Tak hanya itu, dikutip dari healthline.com, tomat memiliki kandungan beta carotene, lutein dan lycopene yang memiliki kekuatan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tomat juga dapat membantu untuk menhindari kulit dari penuaan dini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen dan antioksidan selama 15 minggu mampu terhindar dari kerutan yang dihasilkan oleh penuaan dini. Dengan mengonsumsi tomat, kita dapat menjaga kesehatan kulit serta mendapatkan kulit yang awet muda. 

Brokoli

Terkenal dengan kemampuannya untuk menangkal radikal bebas, brokoli menjadi makanan yang wajib dikonsumsi setiap harinya. Brokoli memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, lutein serta zinc. Tiga kandungan ini akan membantumu untuk menjaga kesehatan kulit.

Menurut healthline.com, brokoli memiliki kandungan senyawa khusus yang disebut dengan sulforaphane. Kandungan ini memiliki manfaat untuk menangkal bahaya kanker, termasuk kanker kulit. Kandungan ini dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, serta menetralisirkan zat radikal bebas yang berbahaya.

Blueberry

Masuk dalam deretan makanan yang menawarkan manfaat baik bagi kesehatan tubuh, blueberry memiliki segudang manfaat bagi kulit. Menjadi kalangan superfood, blueberry dikenal dengan kehebatannya untuk menangkal banyak penyakit. 

Blueberry memiliki kandungan tinggi akan anthocyanin, zat ini akan membantumu untuk meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Tidak hanya itu, dikutip dari healthline.com, konsumsi satu mangkuk atau sekitar 148 gram blueberry dalam sehari, dapat memenuhi asupan vitamin C harian kita. Vitamin C akan bekerja sebagai antioksidan yang melindungi kerjanya kolagen pada tubuh, sehingga menghasilkan kulit yang cerah dan awet muda. 

Bayam

Sebuah penelitian pada Journal of Agricultural Food Chemistry, dikutip dari hellosehat.com, menunjukkan bahwa bayam memiliki kandungan tinggi akan beta karoten dan lutein. Dua nutrisi ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini akan mengurangi tampilan garis halus dan keriput pada wajah. 

Konsumsi 700 gram bayam setiap minggunya dipercaya dapat membuat kulit tetap sehat dan awet muda. Tidak hanya itu, sayur bayam juga memiliki kandungan fitonutrien, yang merupakan senyawa antioksidan, yang memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
9 Langkah Pijat Wajah agar Kulit Terlihat Kencang dan Awet Muda
Artikel Selanjutnya
Hindari 7 Makanan Ini Setelah Memasuki Usia 30 Tahun untuk Menunda Tanda-Tanda Penuaan dan Tetap Awet Muda